Angkatan Pertama Penerima Beasiswa Penuh YPCR Diwisuda

id angkatan pertama, penerima beasiswa, penuh ypcr diwisuda

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Empat orang dari angkatan pertama penerima beasiswa penuh atau tidak membayar biaya apapun selama berkuliah dari Yayasan Politeknik Chevron Riau (YPCR) diwisuda di gedung serba guna kampus setempat, Sabtu.

"Wisuda kali ini merupakan wisuda pertama yang meluluskan penerima beasiswa YPCR. Mereka adalah penerima pertama sejak PCR berdiri. Saat itu tahun 2011 PCR mencanangkan beaasiswa YPCR yang memberikan kesempatan kepada putra/putri Riau agar mendapatkan pendidikan tanpa harus membayar biaya apa pun," kata Direktur Politeknik Caltex Riau (PCR) Dr Hendriko di Pekanbaru, Sabtu.

Dijelaskannya empat orang tersebut adalah Ary Subakti, Siti Iswahyuni, Septio Wardana, Rian Rivandi dengan perolehan rata-rata IPK di atas 3,00. Mereka lulus dari Program Ahli Madya (Diploma III) yang diselesaikan tepat waktu.

Dia mengatakan bahwa angkatan pertama penerima beasiswa YPCR ini awalnya berjumlah sembilan orang. Namun dua di antaranya tidak mampu menjaga nilai yang disyaratkan sehingga beasiswa dicabut, sedangkan tiga lainnya mengambil program Program Sarjana Sains Terapan (Diploma IV) dan diperkirakan akan diwisuda tahun depan.

Menurut dia, sejak beasiswa ini diluncurkan pada tahun 2011, pada tahun berikutnya penerimanya terus bertambah. Beasiswa diberikan kepada pendaftar PCR yang punya prestasi, namun sulit dalam hal finansial.

"Selain itu, kita juga melakukan program beasiswa bidik misi yang diwajibkan pemerintah kepada PCR karena memiliki akreditasi B. Jumlahnya hampir 100 orang," katanya.

Secara keseluruhan, PCR mewisuda 311 mahasiswa yang berasal dari delapan program studi terdiri dari 189 lulusan Diploma III dan 122 lulusan Diploma IV. Wisuda XI ini merupakan yang terbanyak jumlahnya dan yang lulus tepat waktu dengan presentase 80,5 persen atau naik 1,6 persen dibanding tahun sebelumnya serta lebih tinggi dari yang ditargetkan, yakni 80 persen.