Pertamina Tambah Dua SPBU di Riau

id pertamina tambah, dua spbu, di riau

Pertamina Tambah Dua SPBU di Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - PT Pertamina (Persero) Perwakilan Pemasaran Riau Sumbar mengaku telah menambah dua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) untuk menyalurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi di Provinsi Riau.

"Ada penambahan untuk Riau dan yang baru beroperasi tersebut ada dua SPBU. Masing-masing satu SPBU berada di Kabupaten Rokan Hulu dan satu lagi di Kota Pekanbaru," ujar Senior Sales Executive Retail X Riau Cabang Pertamina Riau Sumbar Rifky Karva Nasution di Pekanbaru, Kamis.

Ia menjelaskan, SPBU unit di Rokan Hulu baru beroperasi pada awal bulan Oktober 2014, sedangkan SPBU yang berada di Pekanbaru baru beroperasi pada awal November 2014.

Berdasarkan data terkahir pihaknya, di Riau terdapat 140 unit yang tersebar pada 12 kabupaten/kota provinsi tersebut dan mulai memasang kamera pengawas atau Close Circuit Television (CCTV) yang diarahkan kepada penyaluran BBM bersubsidi jenis biosolar.

Sedangkan jumlah penyaluran BBM bersubsidi dari 140 unit SPBU di Provinsi Riau dengan konsumsi jenis premium sekitar 75.000 kiloliter per bulan atau sekitar 2.500 kiloliter per hari dan jenis biosolar 66.000 kiloliter per bulan atau sekitar 2.200 kiloliter per hari.

"Satu SPBU baru di Rokan Hulu, tidak berada pada titik pembatasan BBM bersubsidi atau dekat dengan wilayah perkebunan dan pertambangan. Sedangkan Pekanbaru, memang tidak ada pembatasan penjualan di SPBU," katanya.

PT Pertamina sebelumnya menyatakan sebanyak 21 unit dari 140 unit SPBU di Provinsi Riau terkena pembatasan penjualan dan bagi SPBU yang terkena pembatasan waktu penjualan akan dikenakan sanksi, jika terbukti menjual biosolar subsidi diluar waktu yang telah ditentukan.

"Mulai jam 8.00 Wib sampai 18.00 Wib kepada 21 unit SPBU di Riau dibolehkan menjual bahan bakar minyak subsidi jenis biosolar, sedangkan diluar jam itu, tidak boleh. Jika ketahuan dan terbukti, maka pemutusan hubungan usaha menanti," ujar Kepala Pertamina Perwakilan Sumbar Riau, Ardyan Adhitia

Ke-21 unit SPBU di Riau tersebut terdapat di tujuh kabupaten/kota dari 12 daerah di provinsi tersebut seperti Rokan Hulu terdapat 5 unit, kemudian Indragiri Hilir 4 unit, lalu Dumai, Indragiri Hulu dan Kampar masing-masing 3 unit SPBU.

Sedangkan dua daerah lagi yakni Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) terdapat 2 unit SPBU yang dibatasi waktu penjualan dan Kabupaten Rokan Hilir terdapat hanya 1 SPBU yang dibatasi penjualannya.