12 Negara Ikut Konferensi Internasional Jurnalis Televisi Asia-Pasifik

id 12 negara, ikut konferensi, internasional jurnalis, televisi asia-pasifik

12 Negara Ikut Konferensi Internasional Jurnalis Televisi Asia-Pasifik

" Negara-negara yang ikut Konferensi IJTAP tersebut diantaranya Australia, Malaysia, Filipina, Korea, Timor Leste, Tiongkok, Thailand, Indonesia, Myanmar,"



Manado (Antarariau.com) - Sebanyak 12 negara ikut Konferensi Internasional Jurnalis Televisi Asia-Pasifik (IJTAP) di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), berlangsung 10 hingga 12 Oktober 2014.

"Negara-negara yang ikut Konferensi IJTAP tersebut diantaranya Australia, Malaysia, Filipina, Korea, Timor Leste, Tiongkok, Thailand, Indonesia, Myanmar," Kata Ketua Panitia Pusat Konferensi Internasional Jurnalis Televisi Asia-Pasifik, Ratna Kumala, saat Konferensi IJTAP di Manado, Jumat.

Kumala mengatakan kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya di Kota Manado dan sebelumnya di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Dalam konferensi ini, direncanakan akan menghasilkan "Prakarsa Manado", yakni kesepakatan dari pelaksanaan konferensi, untuk perlindungan jurnalis ketika melakukan peliputan, dan independensi televisi dalam penyajian berita.

Prakarsa ini, katanya, menjadi hadiah kami untuk Kota Manado dan insan Pers pada umumnya.

Ia mengatakan kegiatan yang mengangkat tema Peningkatan Kompetensi dan Profesionalisme Jurnalis Televisi di Era Persaingan Bebas Untuk Mensiasati Tekanan Politik, akan dilaksanakan launching Asosiasi Jurnalis Televisi Asia - Pasific.

"Kota Manado akan jadi tempat launching asosiasi jurnalis televisi Asia - Pasifik," kata Kumala.

Ketua IJTI Sulut Amanda Komaling mengatakan dipilihnya Sulut sebagai tuan rumah kegiatan internasional ini, guna melihat dari dekat kehidupan yang rukun dan damai daerah ini, serta sejumlah potensi wisata di Daerah Bumi Nyiur Melambai.

"Kenapa kami pilih Sulut sebagai tempat konferensi jurnalis televisi ini? Karena kami ingin menyampaikan ke dunia, ada daerah di Indonesa dimana kehidupan dan toleransi antar umat beragama penuh pluralisme," katanya menjelaskan.

Ratusan jurnalis televisi di Indonesia dan negara-negara di Asia Pasifik menghadiri Konferensi Internasional Jurnalis Televisi di Manado. (*)

Komentar