Ditemukan "Jubah Tembus Pandang" seharga Rp1,2 juta

id ditemukan jubah, tembus pandang, seharga rp12 juta

New York (Antarariau.com) - Sejumlah ilmuwan dari Universitas Rochester telah menemukan cara untuk menyembunyikan benda besar dari pandangan dengan menggunakan lensa murah dan mudah didapat yang bisa dibuat di rumah dengan biaya kurang dari Rp1,2 juta.

Dalam proses penyembunyian tersebut, satu objek menjadi tembus pandang sementara benda-benda lain di sekitarnya masih tetap bisa dilihat tanpa berubah tempat.

"Sudah banyak orang yang mengerjakan aspek-aspek tertentu dalam penyembunyian optik sepanjang beberapa tahun terakhir," kata John Howell, profesor fisika dari Universitas Rochester, Jumat.

Meskipun demikian, jubah tembus pandang bernama Rochester Cloak itu jauh berbeda dengan jubah yang biasa dipakai otokoh utama novel JK Rowling, Harry Potter.

Rochester Cloak lebih mirip peralatan rumit yang sering dipakai dokter mata. Untuk membuat benda tembus pandang, objek harus ditempatkan di belakang sejumlah lapis lensa.

Sebelum ilmuwan Rochester menemukan jubahnya, sejumlah fisikawan lain pernah melakukan hal yang sama. Namun Rochester, proses itu biasanya sangat rumit, mahal, dan tidak dapat menyembunyikan benda tiga dimensi dari berbagai sudut pandang.

"Dari apa yang kami ketahui, ini adalah peralatan tembus pandang yang dapat menyembunyikan benda tiga dimensi secara multi-direksi," kata Joseph Choi, seorang mahasiswa strata dua yang membantu pengembangan metode di Rochester.

Dalam sejumlah uji coba, para peneliti itu bisa menghilangkan tangan, wajah, dan penggaris. Objek-objek tersebut menjadi tak terlihat sementara benda di belakangnya masih terlihat.

Implikasi dari penemuan tersebut bisa tak-terbatas, kata para ilmuwan.

"Peralatan ini bisa digunakan untuk menyembunyikan trailer truk sehingga sang supir bisa melihat secara langsung apa yang terjadi belakangnya. Ini juga bisa digunakan untuk membantu operasi pasien, dalam teknologi militer, ataupun desain interior bangunan," kata Choi.

Howell mengatakan, Jubah Rochester tidak akan menimbulkan distorsi bagi objek-objek di bagian belakang.

Pembuatan peralatan tersebut juga tidak akan menghabiskan banyak biaya. Howell hanya menghabiskan sekitar 1.000 dolar AS atau sekitar Rp1,2 juta untuk membei bahan-bahan yang dibutuhkan.

Howell dan Choi bahkan yakin peralatan tersebut bisa dibuat dengan biaya lebih murah. Mereka telah merilis instruksi sederhana mengenai bagaimana membuat Jubah Rochester di rumah.