PGN Pasok Gas Alam Ke PLTG Pekanbaru

id pgn pasok gas alam ke pltg pekanbaru

 PGN Pasok Gas Alam Ke PLTG Pekanbaru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk berencana memasok kebutuhan gas alam sebagai bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) berkapasitas 240 Mega Watt di Kawasan Industri Tenayan, Kota Pekanbaru.

"Sesuai rencana, listrik yang dihasilkan nanti akan dibeli oleh PLN untuk mengaliri listrik di wilayah Pekanbaru secara khusus dan Riau secara umum dengan kapasitas sekitar 240 MW," ujar Kepala Area PGN Pekanbaru Wendi Purwanto di Pekanbaru, Senin.

Pihaknya akan memasok kebutuhan gas alam dengan jumlah 40 billion british thermal units day (bbtud) yang direncanakan pada kwartal pertama 2016 untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat di Riau melalui PLN.

PLTG dengan kapasitas total 240 MW merupakan milik salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Pekanbaru yang bergerak pada bidang energi, yakni PT Sarana Pekanbaru Energi.

"Jaraknya (PLTG 240 MW) hanya sekitar lima kilometer dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap 2x110 Mega Watt yang juga belokasi di Kawasan Industri Tenayan, Kecamatan Sail. Tapi, saya belum tahu jenis mesin yang dipakai SPE, cuma kapasitas totalnya," katanya.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus pada pekan lalu mengumpulkan para pemangku kepentingan untuk saling bersinergi mulai dari pembangunan pembangkit, kemudian pembelian oleh PLN dan ketersedian pasokan gas alam dari PGN dengan membentuk tim percepatan.

"Tingginya angka pertumbuhan penduduk, kemudian perkembangan pembangunan kawasan usaha dan pemukiman ini, tidak berimbang dengan ketersediaan energi listrik yang ada di Riau atau Pekanbaru pada khususnya," katanya.

Data terakhir yang diterima, katanya, kebutuhan listrik di Kota Pekanbaru saat ini sudah mencapai 400 MW, sedangkan pasokan listrik hanya sekitar 200 MW dan kondisi tersebut berakibat sering terjadi ganguan listrik karena Riau hanya mengandalkan jaringan interkoneksi.

Oleh karena itu, ia meminta keberadaan PLTU 2x110 MW di Kawasan Industri Tenayan dan sedang dibangun itu, diharapkan mampu menjawab kebutuhan dan kekurangan listrik tersebut.

"Mari kita bersama-sama mewujudkan dalam melakukan percepatan pembangunan pembangkit listrik demi Kota Pekanbaru. Ketersediaan listrik, air, telekomunikasi, dan jalan serta infrastruktur lain adalah kebutuhan vital atau urat nadi bagi perkembangan kota metropolitan," katanya.