Polsek Dumai Timur sosialisasikan pilkada damai ke sekolah

id Polres Dumai

Polsek Dumai Timur sosialisasikan pilkada damai ke sekolah

Polsek Dumai Timur saat menyampaikan pesan Pilkada damai pada guru-guru di SMU N PGRI (ANTARA/Ho-Polres Dumai)

Dumai (ANTARA) - Aparat kepolisian menggelar diskusi bersama masyarakat di SMUN PGRI Dumai, Jalan Kesuma, Kelurahan Jayamukti, Kecamatan Dumai Timur, dalam rangka menghadapi Pilkada 2024 di Kota Dumai, Rabu.

Dalam kegiatan tersebut, Kanit Lantas Polsek Dumai Timur AKP Heru Sucipto menyampaikan pesan penting mengenai pentingnya menjaga kondusifitas selama masa Pilkada.

"Kami berharap masyarakat bisa lebih bijak dalam menyaring informasi yang beredar, khususnya di media sosial. Isu-isu provokatif yang bisa memicu konflik harus dihindari agar pelaksanaan Pilkada berjalan dengan aman dan damai," ujar Heru.

Heru juga menekankan peran penting para guru di SMU PGRI Dumai untuk turut memberikan pemahaman kepada siswa terkait pentingnya menjaga keharmonisan sosial selama masa Pilkada.

"Sebagai tenaga pendidik, guru memiliki peran strategis dalam memberikan edukasi kepada generasi muda agar tidak terpengaruh oleh berita-berita hoaks atau provokasi yang dapat merusak persatuan," lanjutnya.

Selain membahas potensi konflik, diskusi ini juga menyoroti upaya pencegahan perpecahan di masyarakat. Polsek Dumai Timur bersama dengan para guru sepakat akan pentingnya menjaga ketenangan dan ketertiban di tengah masyarakat.

"Kita harus mengantisipasi segala bentuk perpecahan dan memastikan agar masyarakat tetap bersatu, khususnya saat masa kampanye yang seringkali menjadi titik rawan konflik," jelas Heru.

Diskus ini juga menjadi wadah untuk saling bertukar pandangan dan strategi dalam mengawal pelaksanaan Pilkada yang kondusif. Para guru memberikan masukan tentang bagaimana pendekatan yang tepat dalam menyikapi dinamika politik di tingkat lokal.

AKP Heru menilai, keterlibatan semua pihak termasuk elemen pendidikan, diharapkan bisa memperkuat upaya menjaga keamanan Pilkada.

"Kami dari pihak kepolisian berkomitmen untuk selalu hadir di tengah masyarakat, melakukan sosialisasi dan patroli, serta mendukung terciptanya suasana Pilkada yang damai. Semua ini bisa tercapai jika kita semua saling bekerja sama," pungkasnya.