Bupati Buka MTQ Kabupaten Kuansing

id bupati, buka mtq, kabupaten kuansing

 Bupati Buka MTQ Kabupaten Kuansing

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau H Sukarmis secara resmi membuka penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XIII tingkat Kabupaten di Kecamatan Sentajo Raya, dalam upaya mensyiarkan agama dan memeragakan keindahan lantunan ayat suci tersebut.

"Tentunya ayat suci Al Quran tidak hanya dibaca tapi wajib diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dan menuntun umat agar selalu berjalan sesuai ajaran agama," kata Sukarmis, ketika membuka MTQ tersebut, di Taluk, Selasa.

Bupati mengatakan, MTQ merupakan kegiatan keagamaan yang sangat penting dilaksanakan sebagai bentuk kecintaan terhadap Alquran dalam rangka membangun akhlak mulia serta sarana menjalin silahturahmi antara pemerintah dan masyarakat di daerah ini.

"Oleh karena itu dengan kegiatan MTQ ini mari kita tingkatkan minat baca Alquran sehingga makna ayat suci tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari - hari," imbaunya.

iA minta kepada seluruh masyarakat agar menggalakan seni baca Al Quran yang sudah dimulai dari TPA, TPSA, MDA dan surau serta masjid yang ada di Kuansing secara rutin.

Acara pembukaan MTQ ini dipusatkan di kantor Camat Sentajo Raya dihadiri sejumlah tokoh masarakat, Muspida, dan tokoh agama serta sejumlah kontingen 15 kecamatan se Kabupaten Kuantan Singingi.

Pada acara pembukaan tersebut Bupati Kuansing Sukarmis memimpin pemukulan beduk dan menekan sirine tanda dimulainya MTQ XIII Kuansing.

Ribuan undangan terlihat hadir pada acara pembukaan MTQ yang berlangsung meriah tersebut, para pedagang menjajakan sejumlah dagangannya mulai dari minuman, makanan dan konveksi serta lainnya.

Mengawali pembukaan, masing-masing kecamatan yang ada di Kuansing mengikuti lomba pawai taaruf dengan mengelilingi areal kantor Camat Sentajo Raya dan melintas di depan Bupati Sukarmis dan undangan secara teratur hingga menyita perhatian sejumlah undangan.

Jumlah kafilah dan ofisial yang mengikuti pawai ini 759 orang dari 15 kecamatan. Sesuai rincian, dari Kecamatan Hulu Kuantan 52 orang, Singingi Hilir 43 orang, Pangean 51 orang, Kuantan Mudik 53 orang, Kuantan Tengah 50 orang, Benai 61 orang dan Kuantan Hilir Seberang 53 orang.

Selanjutnya Kuantan Hilir 54 orang, Singingi 34 orang, Sentajo Raya 55 orang, Logas Tanah Darat 52 orang, Gunung Toar 55 orang dan Pucuk Rantau 43 orang.