Tambak udang di Dabo Singkep Kepri lebih produktif saat gunakan listrik PLN

id Pln, pt pln

Tambak udang di Dabo Singkep Kepri lebih produktif saat gunakan listrik PLN

Tambak udang di Desa Lanjut, Kabupaten Lingga, Kepuluan Riau. (ANTARA/HO-PLN)

Pekanbaru (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau (UIDRKR) melalui program Electrifying Agriculture resmi pasok kebutuhan listrik tambak udang PT Singkep Putra Perkasa di Desa Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau pada Rabu (11/9). Tambak Udang tersebut menjadi pelanggan listrik PLN dengan daya sebesar 555.000 Volt Ampere (VA).

Manager PT Singkep Putra Perkasa Hardianto menyambut baik langkah PLN dalam mendukung aktifitas usaha tambak udang. Menurutnya, kehadiran listrik PLN membuka peluang baru bagi tambak udang untuk mengembangkan budidaya modern, seperti sistem pengendalian suhu air dan pemantauan kualitas air secara otomatis yang akan membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas tambak.

“Kebutuhan listrik untuk tambak udang sangat penting dan tidak boleh terputus karena listrik digunakan untuk mengoperasikan pompa air dan aerator yang berperan penting dalam pertumbuhan udang. Kami menyampaikan terimakasih atas dukungan kelistrikan dari PLN, jika tambak udang kami menggunakan listrik sendiri tentunya biaya operasional akan meningkat tinggi,” kata Hardianto.

General Manager PLN UIDRKR Tonny Bellamy menyampaikanElectrifying Agriculture(EA) merupakan bentuk komitmen PLN dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di Dabo Singkep salah satunya di bidang agrikultur. Program ini akan membantu usaha tambak udang menjadi lebih maju dan modern dengan peningkatan produktivitas dan efisiensi biaya operasional.

“Ini merupakan inovasi PLN dengan pemanfaatan energi listrik di bidang agrikultur seperti pertanian, perikanan, perkebunan serta peternakan yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional. Mudah-mudahan dengan sarana ini ekonomi di Kabupaten Lingga semakin kuat dan berkontribusi pada peningkatan taraf hidup masyarakat khususnya di Kepri semakin baik,” ujar Tonny.

Tonny menambahkan, penggunaan listrik andal PLN ini diharapkan dapat mendukung operasional serta pengembangan PT Singkep Putra Perkasa, sehingga menghadirkan multiplier effectbagi perusahaan maupun masyarakat sekitar.

“Kami berkomitmen untuk menyiapkan pasokan listrik yang cukup dan andal untuk mendukung para pelaku usaha agar dapat fokus terhadap kelangsungan bisnisnya. Tak hanya produktif bagi PT Singkep Putra Perkasa saja tapi juga mampu membuka lapangan kerja yang masif serta meningkatkan perekonomian masyarakat lokal," ujar Tonny.