Kapolsek Kelayang sampaikan pesan pilkada damai saat bertemu tokoh Talang Mamak

id Rengat,Indragiri Hulu

Kapolsek Kelayang sampaikan pesan pilkada damai saat bertemu tokoh Talang Mamak

Kapolsek Kelayang saat silaturahmi dengan tokoh Suku Talang Mamak. (ANTARA/dok)

Rengat (ANTARA) - Kepala Kepolisan Sektor Kelayang, Polres Indragiri Hulu,IptuZulmaheri bersilaturahmi dengan tokoh adat Suku Talang Mamak dan menitip pesan untuk bersama dalam mensukseskan Pilkada 2024 dengan damai, Senin.

"Untuk mewujudkan itu, penting peran aktif semua pihak. Termasuk tokoh adat di Kelayang dan Rakit Kulim," katanya.

Kapolsek Kelayang mengatakan, dalam mensukseskan Pilkada 2024 di wilayahnya, berbagai upaya dilakukan, termasuk pemberian bantuan sosial kepada masyarakat Rakit Kulim.

Ada 30 paket bantuan diserahkan kepada warga setelah acara dialog dan diskusi dengan Tokoh Suku Talang dan masyarakat di wilayah tersebut.

Acara berjalan lancar, pesan untuk mensukseskan tahapan Pilkada 2024 yang aman dan sejuk serta dalam situasi kondusif tersampaikan dengan baik.

"Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka Cooling System cipta kondisi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat," ujarnya.

Kapolres Indragiri Hulu AKBP Fahrian Saleh Siregar melalui Kapolsek Kelayang mengatakan, semua berharap Pilkada serentak 2024 berjalan lancar.

Bahkan, kegiatan di Rakit Kulim bekerjasama dengan Kepala Kepolisian Subsektor (Kapolseubsektor) Rakit Kulim dan sejumlah personel polsek di salah satu kafe di Desa Petonggan.

"Saya menyampaikan terima kasih atas kehadiran para Batin se-Kecamatan Rakit Kulim dalam silaturahmi tersebut," sebutnya

Pada dasarnya, pihak Polri meminta bantuan dari seluruh Tokoh Adat se-Kecamatan Rakit Kulim untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif, aman dan damai selama tahapan pilkada

Masyarakat dapat menangkal isu-isu menyebabkan perpecahan, menghindari ujaran kebencian yang menyebabkan perpecahan serta menolak politik uang

Dengan adanya silaturahmi, lanjut Kapolsek, ke depannya sinergitas Polri dan tokoh adat akan lebih optimal dan dipererat.

Sementara itu, Batin Irasan (Batin Desa Talang Parit) mengucapkan terima kasih kepada Kapolsek Kelayang dan jajarannya atas terlaksana acara silaturahmi.

"Kami berjanji, para Batin semua mendukung pemerintah dalam menciptakan situasi yang aman dan damai dalam Pilkada 2024," janjinya.

Di kesempatan itu juga, Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Girlung mengucapkan, rasa terima kasih kepada pihak Polsek Kelayang telah berhasil membuat kegiatan silaturahmi dan temu ramah.

"Saya berharap, pemerintah desa untuk menghimbau masyarakat setempat untuk penjelasan identitas masyarakat tempatan," pintanya.

Ia juga menambahkan, pihak adat sudah mendorong pemerintah desa untuk pengurusan identitas masyarakat setempat untuk kejelasan baik dalam hal penerimaan bantuan maupun pemilihan umum.

Ini juga disampaikan oleh Batin Masikin (Batin Desa Talang Perigi), Batin Mandi (Batin Desa Sungai Limau), Rapan (Batin Desa Talang Perigi).