Hotel berbintang di Medan sudah penuh terpesan selama PON XXI 2024

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,PON

Hotel berbintang di Medan sudah penuh terpesan selama PON XXI 2024

Pekerja merapikan kamar yang dipersiapkan untuk menyambut tamu Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut di Parkside Meuligoe Hotel Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Kamis (8/8/2024). (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/foc)

Medan, Sumatera Utara (ANTARA) - Hotel-hotel berbintang di Kota Medan sudah penuh terpesan alias full booking oleh tamu atlet, pelatih, dan penonton dari berbagai provinsi yang berpartisipasi dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumatera Utara-Aceh 2024.

Marketing Communication Hotel Grand Mercure Medan Angkasa Tinera David Siburian menyampaikan pesanan kamar hotel di tempatnya sudah ada sejak Juli 2024 dan terus naik hingga Agustus dan awal September 2024. Saat ini, pesanan kamar di hotel tersebut tercatat sudah penuh.

"Syukur, Sumut dan Aceh jadi tuan rumah PON XXI. Jadi hunian hotel melonjak tajam, " ujar Tinera di Medan, Sumatera Utara, Senin.

Di Grand Mercure Medan Angkasa, ia menjelaskan pesanan kamar sudah ada untuk tanggal 28 Agustus hingga 20 September. Kendati demikian, pihaknya tetap melayani tamu.

Adapun Grand Mercure Medan Angkasa memiliki 260 kamar. Selain hotel tersebut, Tinera menuturkan pesanan kamar di sejumlah hotel lainnya juga sudah penuh.

"Kami siap melayani tamu, khususnya para atlet, pelatih, dan penonton. Sumut harus menjadi contoh tuan rumah PON yang baik," tuturnya.

Senada, Director Of Sales Marketing Hotel Grand City Hall Medan Lisa Ngadio menyebutkan hunian hotelnya sudah sekitar 80 persen per awal September 2024.

"Manajemen yakin, hunian hotel bisa 100 persen, khususnya saat pembukaan dan penutupan PON," ungkap Lisa.

Selain itu, Marketing Communication Hotel Polonia Medan Eneng juga mengutarakan hal yang sama. Dirinya mengaku hunian hotel tempatnya bekerja per awal September 2024 sudah mencapai 70 persen hingga 80 persen, yang terus meningkat hingga kini.

PON XXI Aceh-Sumut 2024 diselenggarakan pada 8-20 September 2024, namun sejumlah pertandingan sudah digelar sejak akhir Agustus 2024. Sebanyak 65 cabang olahraga akan dipertandingkan dalam perhelatan di dua wilayah tersebut, yang diisi mulai dari cabang olahraga tradisional hingga modern.

Pembukaan PON XXI 2024 akan berlangsung pada Senin, 9 September 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. Presiden Joko Widodo dijadwalkan bakal membuka langsung perhelatan nasional empat tahun sekali itu.

PON XXI Aceh-Sumut 2024 menjadi edisi terbesar dalam sejarah karena melibatkan hampir 13 ribu atlet dan 6 ribu lebih ofisial. Selain itu, PON kali ini juga menjadi yang pertama dilaksanakan di dua provinsi sebagai tuan rumah.