Riau terima penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024 dari Kemenhub

id Tata nugraha, rahman hadi

Riau terima penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024 dari Kemenhub

Pj Gubri Rahman Hadi saat menerima penghargaan. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemprov Riau menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024 dari Kementerian Perhubungan (Kemehub RI) yang telah mengikuti penilaian kinerja penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan tahun 2024.

Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024 tersebut diterima oleh Penjabat (Pj) Gubernur Riau Rahman Hadi di Jakarta, Sabtu (7/9/24).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, penghargaan Wahana Tata Nugraha diberikan kepada Pemda yang mampu menghadirkan inovasi, perencanaan matang, serta implementasi efektif dalam tata kelola transportasi.

"Penghargaan ini bukan sekedar simbol, melainkan manifestasi dari komitmen kita bersama untuk mewujudkan tata kelola transportasi yang mendukung mobilitas masyarakat, meningkatkan keselamatan, serta mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan,” ujar Menhub.

Menhub juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada kepala daerah beserta seluruh jajaran, yang telah berupaya mengelola sistem transportasi dengan baik dan selalu mendukung program-program transportasi yang berkelanjutan.

Menurutnya, keberhasilan yang diraih merupakan buah dari upaya jangka panjang, serta hasil dari sinergi antarsektor dan partisipasi aktif dari masyarakat di masing-masing wilayah.

Terakhir, Budi Karya Sumadi berharap penghargaan Wahana Tata Nugraha ini dapat menjadi motivasi bagi daerah-daerah lain untuk terus berinovasi dan mengoptimalkan pengelolaan transportasi di wilayahnya masing-masing.

“Selamat kepada seluruh penerima penghargaan. Semoga penghargaan ini menjadi inspirasi untuk terus berkarya dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara,” tutupnya.

Sementara Pj. Gubernur Riau Rahman Hadi mengucapkan terima kasih atas atensi yang diberikan kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Penghargaannya ini menjadi motivasi jajaran Pemprov Riau memberikan pelayanan pengelolaan transportasi.

"Anugerah ini menjadi semangat bagi Pemerintah Provinsi Riau untuk lebih baik lagi," ujar Rahman Hadi

Untuk diketahui, penghargaan Wahana Tata Nugraha Tahun 2024 ini diberikan kepada sejumlah Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi dan Pemerintah Kota/Kabupaten yang telah menunjukkan dedikasi dan keberhasilan dalam pengelolaan sistem transportasi yang baik, aman, tertib, dan berkelanjutan.

Adapun beberapa pemerintah provinsi yang menerima Piala Wahana Tata Nugraha Wiratama diantaranya, Pemprov Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Bali, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Riau, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Sumatera Utara, Yogyakarta, Jambi, Aceh, Bangka Belitung, dan Lampung.

Sementara itu, Piala Wahana Tata Nugraha ini juga diberikan kepada 61 Pemerintah Kota/Kabupaten dan Sertifikat Wahana Tata Nugraha kepada 100 Pemerintah Kota/Kabupaten.