Musik karya artis Indonesia dikenal secara luas oleh pengguna Spotify

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,musik

Musik karya artis Indonesia dikenal secara luas oleh pengguna Spotify

Head of Music Spotify Southeast Asia Kossy Ng saat menyampaikan paparannya dalam jumpa pers "Loud & Clear Press Briefing Spotify" di Jakarta Selatan pada Rabu (17/7/2024). (ANTARA/Farhan Arda Nugraha)

Jakarta (ANTARA) - Platform pemutaran musik Spotify mengatakan musik ciptaan artis Indonesia dikenal secara luas oleh para pendengarnya di platform tersebut dari berbagai kalangan.

Klaim itu didasari oleh laporan ekonomi musik Spotify berjudul Loud & Clear yang menunjukkan bahwa artis Indonesia telah ditemukan sebanyak 5,1 miliar kali oleh pendengar baru di platform tersebut sepanjang tahun 2023.

"Jika melihat tahun lalu saja, artis Indonesia ditemukan sebanyak 5,1 miliar kali oleh pendengar baru di Spotify. Jadi artinya lebih banyak pendengar yang menemukan artis baru untuk pertama kalinya," kata Head of Music Spotify Southeast Asia Kossy Ng dalam jumpa pers "Loud & Clear Press Briefing Spotify" di Jakarta Selatan pada Rabu.

Kossy menambahkan, tren musik yang dinikmati pengguna Spotify semakin beragam sehingga ini mendorong musik-musik Indonesia untuk dikenal lebih luas oleh pendengarnya hingga ke mancanegara.

Laporan Loud & Clear juga memaparkan bahwa lebih dari 3.600 artis Indonesia ditambahkan ke daftar putar editorial pada 2023, yang secara signifikan meningkatkan visibilitas dan jangkauan mereka.

Karya-karya musisi Indonesia diminati pendengar di Spotify juga terlihat dari data yang menunjukkan hampir 60 persen dari lagu-lagu yang masuk tangga lagu harian Top 50 Indonesia berasal dari artis Indonesia.

Dampak yang ditimbulkan oleh pemutaran lagu di Spotify dalam memperluas jangkauan pendengarnya terlihat dalam aspek finansial.

Menurut Spotify, pada tahun 2023, royalti yang dihasilkan oleh artis Indonesia di Spotify hampir tiga kali lipat dari jumlah yang dihasilkan pada tahun 2021, dan meningkat lebih dari 1.500 persen sejak tahun 2017.

Lebih dari 70 persen dari seluruh royalti yang dihasilkan oleh artis Indonesia di Spotify pada tahun 2023 berasal dari artis atau label independen.

Sementara itu, berkaitan dengan ekspor musik, semakin banyak karya dari artis Indonesia yang menjangkau pendengar mancanegara.

Hal itu ditunjukkan data pada tahun 2023 di mana lebih dari dua pertiga dari royalti yang dihasilkan oleh artis Indonesia berasal dari pendengar di luar negeri.

Selain itu, artis yang membawakan lagu dalam Bahasa Indonesia secara kolektif mengalami pertumbuhan royalti Spotify sebesar 521 persen sejak tahun 2018.

"Pertumbuhan artis Indonesia begitu luar biasa, dan kami yakin akan ada lebih banyak lagi yang membuat gebrakan di kemudian hari, sebagaimana ditunjukkan oleh temuan kami," ujar Kossy.

Baca juga: Promotor resmi tambah kuota tiket konser Sheila On 7 di beberapa kota

Baca juga: ZEROBASEONE siap sapa penggemar Indonesia di konser perdananya "Timeless World"