Di Forum IMT-GT Prof Malaysia ini Tawarkan Konsep Kewirausahaan Sosial

id di forum, imt-gt prof, malaysia ini, tawarkan konsep, kewirausahaan sosial

Di Forum IMT-GT Prof Malaysia ini Tawarkan Konsep Kewirausahaan Sosial

Pekanbaru, 26/5 (Antara) - Akademisi Universitas Utara Malaysia, Prof. Dr. Noor Azizi Ismail menawarkan konsep kewirausahaan sosial dalam forum kegiatan tiga negara, Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT-GT) dengan tema "Enterpreneurship and Community Development Forum 2014".

"Kurikulum diharapkan tidak hanya mengajar mahasiswa menjadi wiraswasta yang hanya bermotifkan keuntungan, tapi memiliki kesadaran mengembalikan untungnya itu untuk pembangunan masyarakat," katanya di Pekanbaru, Senin.

Selama ini, katanya, perguruan tinggi kadang menghasilkan pebisnis yang tamak dan tidak bertanggunjawab pada masyarakat. Untuk itu, peranan universitas sangat penting untuk menghentikan hal ini.

Akan tetapi, dewasa ini menurutnya peran universitas telah lari daripada tanggungjawabnya kepada masyarakat. Untuk itu, sudah saatnya untuk harus kembali dan berkolaborasi antara universitas, pelajar, pebisnis dan masyarakat.

"Sekarang saatnya untuk menarik busnessman untuk kembali berkontribusi melalui universitas," serunya.

Ia mengatakan di malaysia ada program pelajar ditempatkan bersama kalangan masyarakat miskin untuk membantu berwirausaha melalui kontribusi yang diusahakan oleh universitas dari kalangan pebisnis.

Kemudian seiring dengan berjalannya proses, pada saat yang sama pelajar juga belajar berniaga bersama masyarakat. Lalu pelajarpun berwirausaha sendiri dan setelah berhasil, mereka kembali berkontribusi kepada universitas agar pelajar lainnya membantu masyarakat berwirausaha.

Hal tersebut, katanya, telah dilakukan juga di Indonesia dan Thailand, tapi hanya di lingkungan sendiri-sendiri saja. "Melalui forum ini kita bisa berkongsi sehingga belajarnya lebih cepat," katanya.

Dalam forum tersebut peserta terdiri akademisi tiga negara dimana dari Indonesia sendiri berasal dari 10 provinsi di Sumatera, Malaysia dari delapan negara bagiannya dan dari Thailand diikuti oleh 14 provinsinya di Thailand Selatan.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari setelah dibuka kemarin malam, Minggu (25/5) sampai besok, Selasa (27/5) di Hotel Aryaduta, Pekanbaru. Sebagai tuan rumah, Riau diwakili oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska).

Rektor UIN Suska Prof. Dr. H. M. Mazir mengatakan bahwa forum ini bertujuan untuk meningkatkan semangat wirausaha dari tiga negara peserta.

"Wirausaha beberapa waktu belakangan ini telah menjadi suatu studi pembelajaran. Ini diyakini sebagai penentu pertumbuhan ekonomi suatu wilayah ataupun negara, namun di Indonesia wirausaha sendiri masih rendah," katanya.