Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta angkut 1,8 juta ton barang pada semester I 2024

id Berita hari ini, berita riau terbaru,berita riau antara, KAI

Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta angkut 1,8 juta ton barang pada semester I 2024

Ilustrasi - Layanan angkutan barang KAI. (ANTARA/HO-KAI Daop 1 Jakarta.)

Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta mengangkut sebanyak 1.801.486 ton barang pada semester I 2024 (1 Januari-30 Juni) dengan rata-rata per hari mengangkut 9.953 ton.

KAI Daop 1 Jakarta mencatat angka tersebut meningkat 13 persen dibandingkan program yang ditargetkan sebanyak 1.595.132 ton.

Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko lewat keterangannya di Jakarta, Kamis, mengatakan, angkutan barang KAI merupakan salah satu core business andalan perusahaan di samping angkutan penumpang.

Meningkatnya capaian angkutan barang KAI Daop 1 pada semester I, di antaranya didorong oleh adanya penambahan sarana gerbong barang dan perjalanan kereta api barang.

"KAI Daop 1 Jakarta melayani berbagai komoditas angkutan barang seperti peti kemas, semen, batu bara, batu balas/kricak, barang ritel, dan lainnya. Angkutan barang menggunakan kereta api memiliki berbagai keunggulan seperti ketepatan waktu, perjalanan yang dapat diprediksi, keamanan, kapasitas besar, bebas pungutan liar, dan dikelola oleh SDM yang profesional," kata Ixfan.

Adapun, salah satu keunggulan angkutan kereta api ialah kapasitas angkutnya yang besar, di mana satu gerbong bisa mengangkut 42 ton atau seukuran dua truk kontainer.

"KAI akan terus berinovasi agar dapat meningkatkan volume dan kinerja angkutan barang menggunakan kereta api dengan menggali dan mengembangkan potensi komoditas maupun relasi angkutan barang baru," ujar Ixfan.

KAI melayani angkutan barang untuk dapat mendukung perkembangan angkutan logistik yang kompetitif dan mengurangi dampak eksternalitas seperti kemacetan, polusi, jalan-jalan yang rusak, serta meningkatkan daya saing global.

Baca juga: KAI telah layani 4,39 juta penumpang selama masa angkutan Lebaran 2024

Baca juga: PT KAI telah mengangkut 63 juta ton barang pada 2023