Hardiknas 2024, Bupati Inhu harap masyarakat dapat akses pendidikan

id Rengat,Indragiri Hulu,Hardiknas inhu

Hardiknas 2024, Bupati Inhu harap masyarakat dapat akses pendidikan

Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi saat uoacara Hardiknas. (ANTARA/dok)

Rengat (ANTARA) - Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi menyebutkan penting akses pendidikan merata, kualitas sumber daya manusia (SDM) dan sarana prasaran yang baik agar proses pendidikan berjalan optimal.

Hal itu, disampaikan Bupati Rezita pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 di halaman Kantor Bupati setempat, Kamis.

"Sehingga, generasi Inhu agar semakin baik. Saya berharap seluruh masyarakat mendapatkan kesempatan yang sama untuk memperoleh akses pendidikan," katanya di Rengat.

Akses pendidikan yang setara dan merata di seluruh Indragiri Hulu akan membawa dan menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang tinggi.

Hal itu, sejalan dengan pesan dan tema peringatan Hardiknas 2024 yakni "Bergerak Bersama Lanjutan Merdeka Belajar".

Dia mengatakan semua pihak harus terus berkomitmen untuk memastikan masyarakat memperoleh pendidikan yang layak.

"Terutama, melalui perbaikan sarana prasarana dan peningkatan kualitas serta kesejahteraan para guru," ujarnya.

Dengan demikian, proses belajar mengajar dapat berjalan lancar dan optimal sesuai harapan.

Rezita juga mengatakan, momentum peringatan Hardiknas seharusnya dapat menjadi pembangkit semangat untuk bersatu dan bergerak bersama melanjutkan perjuangan demi kemajuan pendidikan bangsa dan negara khususnya di Kabupaten Indragiri Hulu.

Pada kesempatan itu, Rezita mengucapkan selamat dan terima kasih kepada guru, calon guru penggerak yang beberapa waktu lalu telah melaksanakan lokakarya.

Dan panen hasil belajar program pendidikan guru penggerak angkatan sembilan di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Inhu.

"Ke depan kita berharap program pendidikan guru penggerak akan terus meningkat untuk menyelesaikan dan mengatasi berbagai tantangan dalam dunia pendidikan," harapnya.

Usai upacara acara Hardiknas 2024 dilanjutkan dengan peluncuran buku novel PGRI Kabupaten Inhu.

Selain itu, ada pemberian cenderamata kepada guru yang memasuki masa purna bakti 2024, penyerahan penghargaan apresiasi perjuangan pendidikan anti kekerasan, penyerahan hadiah pemenang apresiasi Bunda PAUD.