16 perguruan tinggi dan SMK di Pekanbaru-Kampar ikuti seminar literasi digital

id Literasi digital

16 perguruan tinggi dan SMK di Pekanbaru-Kampar ikuti seminar literasi digital

Konferensi pers terkait literasi digital yang diadakan Kominfo dan Relawan TIK di Pekanbaru (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 16 perguruan tinggi dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar mengikuti seminar literasi digital di sektor pendidikan.

Kegiatan ini merupakan program dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang berkolaborasi dengan Relawan TIK Riau dan Pandu Digital.

Seminar ini berlangsung selama 23-26 April 2024 di 8 perguruan tinggi dan 8 SMK di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.

Bambang Tri Santososelaku Koordinator Literasi Digital

Sektor Pendidikan Kementerian Kominfo RI menyebutkan pihaknya menargetkan hingga tahun 2024 ini, sebanyak 50 juta orang terliterasi digital.

"Literasi digital ini tak hanya menjadi tanggungjawab Kominfo, namun juga berbagai pihak termasuk perguruan tinggi, komunitas dan berbagai pihak," sebutnya saat ditemui saat literasi digital di kampus IKTA (Institut Kesehatan dan Teknologi Alinsyirah), Rabu.

Dikatakannya, tahun selanjutnya pihaknya akan melibatkan sekitar 80 ribu fasilitator untuk kegiatan ini.

"Konsep mengedepankan kualitas, bukan kuantitas. Nantinya kami akan memastikan peserta benar-benar sudah terliterasi," tuturnya.

Rektor IKTA Rifa Yanti menerima dan menyambut baik kegiatan ini. Ia yakin seminar dari Kominfo ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswanya yang erat mempelajari teknologi kesehatan.

"Kegiatan seminar ini, terutama di prodi yang ada di IKTA tentu sangat bermanfaat. Kami anggap ini sebagai hadiah terbesar. Karena selama ini di bidang kesehatan, integrasi seperti ini sangat kita butuhkan," tambahnya.

Adapun delapan Perguruan tinggi yang mengikuti kegiatan ini adalah Unri, UIN, UIR, Unilak, PCR, Umri, IKTA dan Universitas Sains dan Teknologi Riau (USTR).

Sedang delapan SMK adalah SMKN 1 Pekanbaru, SMKN Pertanian Terpadu, SMK Dharma Loka, SMK PGRI Pekanbaru, SMK YABRI Pekanbaru, SMK Kesehatan dan Pariwisata Bangkinang, SMKN 1 Bangkinang, SMK Migas Teknologi Pekanbaru.