Pratinjau Indonesia vs Vietnam: saatnya skuad Garuda menang di Hanoi

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Garuda

Pratinjau Indonesia vs Vietnam: saatnya skuad Garuda menang di Hanoi

Latihan perdana timnas Indonesia pada Sabtu (23/3/2024) di lapangan komplek Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam. (ANTARA/HO-PSSI.)

Jakarta (ANTARA) - Timnas Indonesia akan menghadapi Timnas Vietnam pada pertandingan keempat Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa pukul 19.00 WIB.

Vietnam tentu bukan merupakan kekuatan asing bagi Indonesia karena kedua kesebelasan berada dalam satu area yang sama sehingga kerap jumpa satu sama lain.

Diprediksi Vietnam dan Indonesia akan bersaing memperebutkan tempat kedua pada klasemen akhir Grup F agar dapat lolos ke ronde ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Menjelang pertandingan ini tentu publik sepak bola Tanah Air berharap skuad asuhan Shin Tae-yong dapat mengamankan poin dari Vietnam.

Skuad Garuda jelang pertandingan ini memiliki modal bagus kontra pasukan Phillipe Troussier setelah pada Kamis lalu dapat mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Akhiri torehan buruk di Hanoi

Timnas Indonesia kembali melawat ke kandang Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi dan terakhir kali Skuad Garuda ke tempat ini adalah pada awal tahun 2023 silam.

Pada lawatan terakhirnya ke Hanoi, Indonesia tercatat takluk dengan skor 0-2, sekaligus gagal menembus babak final Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia tercatat sudah hampir 20 tahun tak mampu mengamankan kemenangan ketika bertandang di Vietnam.

Terakhir kali Skuad Merah Putih meraih kemenangan di Hanoi terjadi pada 11 Desember 2004 silam pada ajang Piala Tiger (selanjutnya menjadi Piala AFF) 2004 di babak penyisihan grup.

Meski berstatus sebagai tim tamu, Timnas Indonesia yang saat itu dilatih oleh pelatih asal Inggris Peter White dapat mengamankan kemenangan meyakinkan 3-0 berkat gol-gol yang dicetak oleh Mohammad Mauly Lessy, Boaz Solossa dan Ilham Jaya Kesuma.

Jelang laga ini, sebenarnya Timnas Indonesia bisa dibilang tak dapat menurunkan kekuatan terbaiknya karena ada beberapa pemain yang absen karena cedera, sakit hingga akumulasi kartu kuning.

Beberapa pemain sentral seperti Sandy Walsh, Pratama Arhan hingga Ivar Jenner tak akan bisa bertanding nanti, namun Indonesia mendapatkan tambahan kekuatan karena Thom Haye serta Ragnar Oratmangoen sudah dapat diturunkan.

Meski tak akan tampil dengan kekuatan terbaik, pada dua pertemuan terakhir Indonesia selalu mampu mengungguli Vietnam dengan mengamankan kemenangan tipis 1-0 dan hal itu tentu akan menjadi modal bagus bagi Skuad Garuda.

Pada empat pertemuan terakhir kedua tim di My Dinh, Indonesia tercatat hanya mampu mengamankan dua hasil imbang dan terpaksa menelan dua kekalahan dari tuan rumah.

Baca juga: Shin targetkan Indonesia lolos Piala Asia 2023

Baca juga: Waduh, Delapan pemain timnas positif COVID-19