ASDP Indonesia siapkan delapan kapal feri rute Batulicin-Kotabaru

id Berita hari ini, berita riau antara,berita riau terbaru

ASDP Indonesia siapkan delapan kapal feri rute Batulicin-Kotabaru

ASDP Batulicin angkut 3.000 penumpang per hari (Antara)

Jakarta (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, menyiapkan delapan unit kapal feri untuk melayani penumpang rute Pelabuhan Batulicin-Tanjung Serdang, Kotabaru.

"Sebanyak delapan kapal tersebut lima unit milik ASDP, dua unit milik anak perusahaan ASDP dan satu unit milik swasta, PT Dharma Lautan Utama," kata Kepala ASDP Cabang Batulicin Windra Sulistiawan di Batulicin, Kalsel, Jumat.

Windra mengatakan setiap kapal yang dioperasikan rata-rata mengangkut penumpang dari dua pelabuhan tersebut sebanyak 300 penumpang, 200 unit kendaraan roda empat, dan 300 unit kendaraan roda dua.

Jumlah tersebut merupakan kondisi normal atau masih dapat dilayani oleh tujuh kapal, masing-masing kapal yang beroperasi melayani penumpang hingga 12 trip atau pelayaran/hari.

"Apabila terjadi kenaikan jumlah penumpang secara signifikan maka pihak manajemen akan mengoperasikan delapan kapal tersebut," ujar Windra.

Menurut dia, delapan kapal tersebut juga akan digunakan sebagai angkutan Lebaran 2024 yang melayani calon pemudik dari Kotabaru maupun Tanah Bumbu.

"Kami perkirakan jumlah pemudik atau pengguna jasa pada momen Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah akan mengalami kenaikan 5-7 persen dibandingkan hari biasa," katanya.

Untuk mengantisipasi antrean panjang bagi penumpang kapal, ASDP akan mengoperasikan pelabuhan dan satu dermaga plengsengan guna mempercepat proses bongkar muat kapal.

ASDP Batulicin berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik bagi pengguna jasa, salah satunya dengan menerapkan batasan waktu saat proses bongkar muat penumpang kapal.

"Artinya, kapal yang sandar atau bongkar muat di pelabuhan diberi batasan waktu sekitar 20 menit. Ada penumpang atau tidak ada penumpang, kapal tersebut harus berlayar ke pelabuhan tujuan," sebut Windra.

Baca juga: ASDP pastikan kesiapan kapal dan pelabuhan untuk antisipasi libur panjang

Baca juga: ASDP Indonesia Ferry Ketapang-Gilimanuk siapkan Dermaga Bulusan tingkatkan kapasitas