Politik kemarin, penetapan hasil Pemilu 2024 hingga transisi pemerintahan

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, KPU

Politik kemarin, penetapan hasil Pemilu 2024 hingga transisi pemerintahan

Logo Komisi Pemilihan Umum. (ANTARA FOTO)

Jakarta (ANTARA) - Beragam berita politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA, berikut kami rangkum berita pilihan kemarin yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengisi pagi Anda.

KPU akan lakukan rapat pleno untuk penetapan hasil Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan melakukan rapat pleno terbuka untuk penetapan hasil Pemilu 2024 secara nasional.

"Kami akan melakukan rapat pleno terbuka untuk penetapan hasil pemilu secara nasional," ujar anggota KPU RI August Mellaz di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa.

Dia menyebutkan tujuh anggota badan penyelenggara pemilihan umum itu akan menyampaikan penetapan hasil Pemilu 2024.Tujuh anggota KPU RI yang dimaksud adalah August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan termasuk Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari.

Selengkapnya klik di sini

Menko Hadi pastikan hasil rekapitulasi nasional selesai besok

Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) RI Hadi Tjahjanto menyatakan pihaknya telah menjalin komunikasi dengan elit politik menjelang hasil rekapitulasi nasional Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI rampung.

"Pasti (berkomunikasi dengan elit politik). Beliau-beliau (elit politik) sudah saling komunikasi. Insya Allah aman," kata Hadi saat ditemui di kantor Kemenko Polhukam RI, Jakarta Pusat, Selasa.

Selengkapnya klik di sini.

284.624 suara dari Karawang dongkrak kemenangan Komeng jadi DPD

Calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Provinsi Jawa Barat, Alfiansyah Komeng meraih suara terbanyak pada Pemilu 2024 di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Sesuai dengan pengumuman yang disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang, Selasa, komedian Komeng meraih 284.624 suara yang tersebar dari 30 kecamatan sekitar Karawang.

Selengkapnya klik di sini.

Pengamat yakin transisi pemerintahan Jokowi ke Prabowo berjalan mulus

Pengamat politik dari Universitas Terbuka Insan Praditya Anugrah meyakini transisi pemerintahan dari Presiden Joko Widodo kepada Prabowo Subianto dapat berjalan mulus.

"Hubungan baik antara Jokowi dan Prabowo diyakini akan memuluskan masa transisi pemerintahan ke depan," katanya dihubungi di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, Jokowi akan memberikan ruang bagi Prabowo Subianto untuk memimpin tim transisi pemerintahan, setelah pernyataan resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) atas hasil Pilpres 2024.

Selengkapnya klik di sini.

Pengamat nilai wajar jika Golkar dapat 5 kursi menteri

Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai sangat wajar jika Partai Golkar mendapatkan lima kursi di kabinet Prabowo-Gibran.

"Saya meyakini sudah ada kesepakatan, mungkin Airlangga katakan itu dalam rangka 'menagih' apa yang telah disepakati diawal. Saya mendengar informasi dari internal Golkar sebelum pelaksanaan Pemilu 2024, bahwa Golkar minimal mendapatkan lima kursi menteri," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya klik di sini