Stok sembako di Riau selama Ramadan

id Pemerintah Provinsi Riau,Riau, gubernur Riau

Stok sembako di Riau selama Ramadan

Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto saat bincang bincang dengan wartawan di Gedung Daerah Balai Serindit, di Pekanbaru, Jumat (8/3/2024). (ANTARA/Frislidia)

Pekanbaru (ANTARA) - Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto menjamin ketersediaan sembako antara lain minyak goreng, telur ayam, daging ayam, gula hingga beras aman selama Ramadan dan Idul Fitri 1445 H.

"Pemerintah Provinsi Riau juga memberikan subsidi ongkos angkut ke para agen yang membawa bahan pokok tersebut agar harga bahan pokok tidak dijual dengan harga tinggi kepada masyarakat," kata SF Hariyanto di sela rapat high level meeting bersama TPID se-Provinsi Riau di Gedung Daerah Balai Serindit, di Pekanbaru, Jumat.

Ia mengaku telah memanggil para agen, ritel dan asosiasi yang menyediakan bahan pokok tersebut. Rapat ini juga dihadiri para Forkopimda Riau dan pemangku kepentinganterkait.

Para agen minyak goreng PT Sukses Riau Permata, Azhar Ramadan memastikan bahwa pasokan minyak goreng juga dipastikan aman saat puasa dan lebaran tahun 2024.

"Sebagai distributor minyak goreng merek Sania kualitas premium, pasokan barang kebutuhan pokok itu cukup sampai lebaran," katanya.

Pengakuan yang sama juga dari agen beras dan telur UD. Anak Abak, Yale bahwa bahwa stok beras dan telur yang dia jual juga akan mencukupi hingga Ramadan dan Idul Fitri 1445 H.

Pantauan ANTARA harga beras yang diperdagangkan disejumlah kios dan toko beras di Kota Pekanbaru dan sekitarnya saat ini masih sama dengan beberapa hari sebelumnya Rp168.000 untuk harga beras anak daro dan kuruik kusik sebanyak 10 Kg.

Sedangkan beras program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) adalah beras pemerintah atau beras yang digelontorkan Perum Bulog dalam kemasan 5 kg dengan label SPHP itu masih tetap sama Rp58.000.

Sementara Bulog menyebut HET beras SPHP sebesar Rp10.900 per kg. Padahal penyediaan beras SPHP sebagai alternatif kelompok masyarakat yang paling membutuhkan jika beras premium mahal. (ADV)