Bawaslu Riau belum temukan pelanggaran di Pemilu 2024

id pemilu, pelanggaran, bawaslu

Bawaslu Riau belum temukan pelanggaran di Pemilu 2024

Seorang warga binaan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Dumai, Riau, Rabu (14/2/2024). (ANTARA/Aswaddy Hamid/23)

Pekanbaru (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau menyatakan memasuki hari kedua usai pencoblosan belum ditemukan ada pelanggaran atau kecurangan berarti.

Bawaslu sudah menyediakan posko Gakkumdu di kabupaten/kota di Riau untuk menerima pelaporan bagi setiap kecurangan dan pelanggaran dalam Pemilu 2024.

"Hingga saat ini kami belum ada menemukan pelanggaran atau kecurangan pasca pencoblosan surat suara," kata Ketua Bawaslu Riau Alnorizal di Pekanbaru, Jumat.

Namun demikian,Bawasluakan tetap menerima laporan dari masyarakat jika ada yang melaporkan pelanggaran atau kecurangan selama dalam pelaksanaan pemungutan suara ke posko baik secara langsung maupun lewat surat, sehingga Bawaslu bisa melakukan penindakan lewat Gakkumdu.

"Kalau dari laporan masyarakat juga belum ada masuk hingga kini ke Gakumdu kita. Tapi jika ada masyarakat yang mau melaporkan, dengan senang hati kita akan tindaklanjuti laporan tersebut dengan segera," tegas Alnorizal.

Lanjut Alnofrizal, pihaknya menyebutkan selama masa pencoblosan surat suara berlangsung pada Rabu (14/2) kemarin, pelaksanaan pemilu di Kabupaten Kota di Riau, masih dalam keadaan lancar, aman, kondusif dan terkendali dengan baik.

"Tidak ada yang kasus yang menonjol kami temukan selama pelaksanaan pencoblosan surat suara, semuanya masih dikategorikan tergolong lancar, aman dan kondusif serta damai hingga kini," ujarnya.

Terakhir, dirinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang sudah memberikan hak suaranya dalam pelaksanaan pemilihan hak suara dalam Pemilu 2024 ini dengan aman dan kondusif yang sudah mendukung pelaksanaan pemilu damai di Riau.