Aspekpir apresiasi PTPN IV PalmCo akselerasi PSR petani sawit

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Palmco

Aspekpir apresiasi PTPN IV PalmCo akselerasi PSR petani sawit

Trophy apresiasi PTPN IV PalmCo akselerasi PSR petani sawit. (ANTARA/HO-PalmCo Regional 3)

Pekanbaru (ANTARA) - Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perusahaan Inti Rakyat (Aspekpir) memberikan penghargaan kepada PTPN IV yang dinilai telah berkontribusi positif dalam meningkatkan produktivitas sawit petani melalui program peremajaan sawit rakyat atau PSR.

Penghargaan tersebut diserahkan Aspekpir Kalimantan Barat (Kalbar) kepada Region Head PTPN IV Regional V, Khayamuddin Panjaitan, belum lama ini.

Ketua Aspekpir Kalbar, YS Marjitan dalam keterangannya mengatakan penghargaan tersebut diserahkan kepada PTPN IV Regional V dalam kegiatan 'Pengukuhan Aspekpir Kabupaten Landak dan Sanggau serta Awarding Komitmen Mewujudkan Perkebunan Kelapa Sawit Rakyat dan Kemitraan Berkelanjutan Bagi Kesejahteraan Bersama Menuju Indonesia Emas 2045' yang digelar di Hotel Aston Pontianak, Rabu (24/01/2024).

"Keberadaan PTPN IV Regional V tidak dinafikan akan menjadi nafas baru dalam penguatan petani sawit, terutama di Kalimantan Barat. Penghargaan ini merupakan bentuk dukungan kami atas komtimen PTPN IV untuk terus memperkuat petani sawit. Semoga kemitraan ini dapat terus berjalan dengan baik di masa mendatang," kata Marjitan.

Dalam kesempatan yang sama, ia turut menyampaikan ucapan terimakasih kepada berbagai pihak atas kontribusi positifnya dalam memperkuat para petani rakyat, tak terkecuali PTPN IV.

Keberadaan PTPN baginya telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam meningkatkan kesejahteraan para petani sawit sejak lama.

Lebih jauh, Marjitan mengatakan bahwa perkebunan sawit masyarakat di Kalimantan Barat telah memasuki usia generasi kedua, terutama di Landak dan Sanggau. Sehingga, lanjutnya, perlu sinergi seluruh pihak untuk memperkuat petani sawit rakyat di masa mendatang.

Dalam momen tersebut, Aspekpir Kalbar juga melakukan pelantikan terhadap pengurus Aspekpir Landak dan Aspekpir Sanggau. Marjitan mengatakan, pelantikan Aspekpir akan memperkokoh keberadaan Aspekpir di Kalimantan Barat.

Keberadaan Aspekpir Kabupaten Landak dan Kabupaten Sanggau menjadi strategis, terutama menjadi mitra perusahaan yang saat ini sudah bertransformasi menjadi entitas usaha baru yang dikelola oleh PTPN IV.

"Kondisi kebun di Landak dan Sanggau sudah memasuki kebun generasi kedua yang saat ini sedang digalakkan Peremajaan Sawit Rakyat atau PSR yang membutuhkan dukungan seluruh pihak," tuturnya.

Ia berharap dengan menempatkan kelembagaan petani sebagai subjek pembangunan dalam menjalin kemitraan usaha bagi terwujudnya industri sawit berkelanjutan bersumber kesejahteraan bersama.

Sementara itu, Region Head PTPN IV Regional V, Khayamuddin Panjaitan yang menerima secara langsung penghargaan mengapresiasi penghargaan yang diberikan Aspekpir tersebut berharap Aspekpir terus menjadi mitra pembangunan yang strategis bagi PTPN IV khususnya Regional V.

“Kita harapkan Aspekpir yang ada saat ini di Kalbar dan Indonesia akan terus berjaya dan sukses ke depannya," tuturnya lagi.

Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Andi Nur Alamsyah turut berbangga atas kehadiran PTPN IV yang kini menjadi perusahaan dengan luasan sawit terbesar di dunia. "Tentunya ini menjadi kebanggaan kita bersama yang harus kita jaga," katanya.