Inilah alasan mengapa lipatan tubuh tidak boleh diberi pelembab

id Berita hari ini,berita riau terbaru, berita riau antara

Inilah alasan mengapa lipatan tubuh tidak boleh diberi pelembab

Ilusteasi perawatan kulit (Pexels/ cottonbro studio)

Jakarta (ANTARA) - Dermatolog lulusan Universitas Udayana dr. Ricky maharis, Sp.KK menyebutkan alasan mengapa bagian lipatan-lipatan tubuh tidak dianjurkan untuk diberi krim pelembab.

"Pelembab itu sangat baik untuk tubuh, bahkan dapat membuat awet muda apabila dengan rutin diaplikasikan sejak muda, namun, ada beberapa bagian yang sebaiknya tidak diberikan pelembab,” kata dia pada peluncuran CeraVe di Senayan City, Jakarta, Rabu.

Bagian-bagian lipatan tubuh yang tidak disarankan untuk diberikan pelembab, menurut Ricky, yakni ketiak, lipatan paha, lipatan bokong, dan yang paling dilarang adalah bagian selangkangan.

Ricky menjelaskan, bagian lipatan-lipatan tubuh telah memiliki tingkat kelembaban yang tinggi, sehingga tidak lagi perlu ditambahkan krim pelembab.

Dengan menambahkan pelembab di bagian tersebut, justru akan menimbulkan masalah kesehatan, ujar Ricky.

"Memakai pelembab di lipatan tubuh tidak disarankan, karena di bagian-bagian itu seperti lipatan ketiak, lipat paha, selangkangan, itu sudah memiliki sel minyak yang lebih, dan tidak boleh keadaannya terlalu lembab. Bila terlalu lembab, jamur dan bakteri akan tumbuh di situ, sehingga infeksi,” imbuh Ricky.

Adapun cara pemakaian pelembab yang baik adalah saat setiap baru selesai mandi, ketika kulit masih belum terlalu kering, sehingga memudahkan krim pelembab untuk menyerap ke dalam kulit.

Penting untuk memilih krim pelembab yang sesuai dengan jenis kulit dan memerhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Selain itu, konsistensi penggunaan yang rutin akan membantu mencapai manfaat yang optimal untuk kulit.

Ricky menyebut krim pelembab dapat membantu memperbaiki fungsi barier alami kulit. Barier kulit yang sehat adalah kunci untuk melindungi kulit dari infeksi dan iritasi.

Beberapa krim pelembab yang baik juga mengandung bahan-bahan aktif yang dapat memberikan nutrisi tambahan untuk kulit, seperti vitamin, antioksidan, dan bahan-bahan lain yang bermanfaat.

"Ada pula pelembab yang mengandung (tabir surya) SPF 30 Jadi itu bisa dipakai pagi hari untuk melindungi kulit dari sinar matahari, ada banyak jenis yang bagus untuk kulit” kata Ricky.

Baca juga: Beberapa tips jaga kesehatan tubuh usai divaksin COVID-19

Baca juga: Serangkaian kebiasaan baik yang mampu tingkatkan imunitas tubuh