Sejumlah Puskesmas di Inhu raih akreditasi

id Rengat,Inhu

Sejumlah Puskesmas di Inhu raih akreditasi

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhu. (ANTARA/dok)

Rengat (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Indragiri HuluElis Julinarti menyebutkan ada enam puskesmas di wilayahnya yang mendapatkan prestasi akreditasi paripurna setelah lembaga independen melakukan survei dan evaluasi, terutama dalam standar mutu pelayanan dan keselamatan pasien pada tahun 2023.

"Alhamdulillah, ini prestasi membanggakan dan memotivasi peningkatan kinerja dan pelayan kesehatan," kata Elis di Rengat, Jumat.

Adapun Puskesmas peraih predikat itu berada di wilayahPeranap, Sipayung, Pekan Heran, Polak Pisang dan Pangkalan Kasai dan Kulim Jaya.

Penilaian dilakukan oleh lembaga penyelenggara survei akreditasi seperti Lafkespri,KAKP serta KMKP yang berada di bawah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

"Kegiatan akreditasi ini merupakan program kesehatan yang tertuang di dalam Renstra dan RPJMD Kabupaten Indragiri Hulu hingga 2026," ujarnya.

Di dalam Renstra dan RPJMD hanya ditargetkan raihan akreditasi paripurna satu Puskesmas.

Namun, Inhu meraih predikat tertinggi dengan akreditasi paripurna enam Puskesmas.

Ia juga mengatakan, akreditasi paripurna merupakan pengakuan tertinggi yang diberikan lembaga independen kepada Puskesmas. Penilaian berdasarkan fasilitas kesehatan, standar dan mutu pelayanan yang berkesinambungan.

Pelaksanaan akreditasi bertujuan untuk mendorong pusat kesehatan masyarakat menerapkan standarmutu pelayanan dan keselamatan pasien di Puskesmas.

Untuk diketahui, pada 2023 lalu, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu telah melaksanakan akreditasi Puskesmas untuk 17 Puskesmas.