Soal tiket pesawat murah, Ganjar Pranowo: Ekosistem pariwisata mesti dibangun

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Ganjar

Soal tiket pesawat murah, Ganjar Pranowo: Ekosistem pariwisata mesti dibangun

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (tengah) bersama Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, saat mendengarkan pertanyaan salah satu pendiri gerakan Bijak Memilih Andhyta Firselly Utama (kiri) di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, Senin (8/1/2023). (ANTARA/Rio Feisal)

Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menanggapi keluhan masyarakat yang ingin berwisata ke wilayah timur Indonesia, tetapi terkendala dengan mahalnya harga tiket pesawat.

Ganjar mengatakan untuk menghadirkan tiket pesawat murah dengan tujuan penerbangan tersebut, maka ekosistem pariwisata di wilayah timur Indonesia perlu dibangun.

"Maka, ini cerita ekosistem pariwisata yang mesti dibangun. Jadi, tidak, bukan cerita tiba-tiba menjamin. Omong kosong orang bisa menjamin tanpa mempersiapkan ekosistem yang baik," kata Ganjar di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, Senin (8/1).

Ganjar juga mengatakan apabila ekosistem pariwisata tidak dibangun dengan baik, maka tidak akan ada banyak wisatawan yang berkunjung, sehingga berdampak pada harga tiket pesawat.

"Maka, kalau secara regular itu orang datang dan pada hari-hari tertentu datang, maka mereka akan datang. Tidak bisa kalau terbang itu tidak ada orang, tidak ada penumpangnya, pasti ongkosnya akan lebih mahal," jelasnya.

Oleh karena itu, Ganjar menuturkan bahwa dirinya belum bisa menjamin harga tiket pesawat murah untuk penerbangan menuju wilayah timur Indonesia.

"Tidak ada (jaminan). Ketika kemudian sebelum pulih, engak ada bisa," kata mantan gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut.

Meski demikian, Ganjar mengatakan untuk wilayah dengan fasilitas wisata yang sudah tersedia, pemerintah daerah setempat dapat memberikan insentif agar tiket pesawat menjadi murah, termasuk membuat acara pariwisata.

"Jadi, beberapa daerah yang hari ini ingin mendapatkan tempat atau destinasinya dikunjungi orang, dia membuat event (acara). Beberapa daerah, karena belum ada penerbangan yang rutin, belum sehat kembali; maka mesti diberikan insentif. Apa? Daerahnya memberikan subsidi," katanya.

Dia mencontohkan insentif untuk penerbangan murah pernah dilakukan saat dia menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah.

"Waktu Bu Susi (Pudjiastuti) menyampaikan Mas Ganjar bantu dong kita. Waktu itu Kabupaten Blora membuat, Banyumas membuat; itu diberikan. Maka, dengan cara itu, harus ada investasi untuk menarik wisatawan," ujarnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Kampanye hari ke-43, Ganjar Pranowo ke Cilacap dan Mahfud di Yogyakarta

Baca juga: Pakar gestur: Ganjar Pranowo seringkali tampilkan emosi "contempt"