Wamen ATR/BPN serahkan sertipikat tanah ke warga Kandis

id sertifikat tanah,wamen atr,kabupaten siak,ptsl

Wamen ATR/BPN serahkan sertipikat tanah ke warga Kandis

Wamen ATR/BPN ketika menyerahkan sertifikat tanah dalam program PTSK di Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. ANTARA/HO-Pemkab Siak

Siak (ANTARA) - Wakil Menteri (Wamen) Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertahanan Nasional (BPN) Raja Juli Antoni menyerahkan 500 sertifikat tanah untuk masyarakat di Provinsi Riau, pada empat desa di Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak.

Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni, di Siak, Senin, menjelaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Kementerian ATR/BPNmelaksanakan Program Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Sebelum adanya program tersebut pihaknya hanya bisa memberikan 500.000 layanan pembuatan sertifikat tanah per tahun.

"Sementara jumlah bidang tanah di Indonesia sekitar 126 juta dan yang sudah disertifikasi baru sekitar 40 juta bidang. Jadi masih ada sekitar 160 tahun lagi untuk mensertifikatkan seluruh bidang tanah di Indonesia," jelasnya.

Namun, lanjutnya, dengan adanya PTSLsekarang minimal 7 juta layanan sertifikasi per tahun, sehingga saat ini sudah mencapai 110,4 juta bidang disertifikasi.

Sertipikat ini, kata dia, menjadikan tanah sesuatu yang produktif bagi masyarakat karena memiliki nilai cukup besar dari surat lainnya. Jika nanti sertifikat ini diagunkan, dia berpesan, agar dipergunakan untuk hal yang produktif.

WamenATRjuga mengingatkan agar sertifikat yang telah diserahkan tersebut segera digandakan. Dengan begitu jika terjadi musibah atau bencana, yang menyebabkan sertifikat hilang ataupun rusak, cukup bawa fotokopi sertifikat tersebut ke kantor BPNdan nantinya akan diganti dengan sertifikat yang baru

Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Riau Asnawaty dalam laporannya menyebutkan target PTSL pada 2023 sebanyak 84.590 sertifikat, yang tersebar di seluruh Kabupaten/kota se-Provinsi Riau, dan terealisasi sebesar 97 persen. Sementara untuk di Kabupaten Siak terealisasi 100 persen atau 5.450 bidang tanah untuk tahun 2023.

"Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada PemkabSiak beserta jajaran dan BPN Siak yang telah membantu untuk pelaksanaan PTSL di Provinsi Riau, baik segi materi maupun non materi," jar Asnawaty.

Sementara itu Wakil Bupati Siak Husni Merza mengucapkan terima kasih Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, yang dipilih sebagai lokasi penyerahan sertifikat tanah di Riau, khususnya di Kampung Simpang Belutu, Kelurahan Kandis Kota, Kelurahan Jambai Makmur, dan Kampung Kandis.