Nobar Debat Capres di Riau, Ruslan: Ganjar pahami pertahanan negara

id Ganjar, ganjar pranowo, nobar debat capres

Nobar Debat Capres di Riau, Ruslan: Ganjar pahami pertahanan negara

Suasana nonton debat Capres di Pekanbaru, Minggu malam (7/1). (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Nonton bareng Debat Calon Presiden kedua yang diadakan Relawan Program Gotong Royong untuk Ekonomi Sejahtera dan Inklusif (Progresif) Ganjar Pronowo dan Mahfud MD (Ganjar Mahfud) Wilayah Riau berlangsung semarak.

Puluhan peserta dari sejumlah unsur relawan, mahasiswa dan pelaku UMKM hadir dalam acara yang digelar di Aren Cafedi Pekanbaru, Minggu malam (7/1).

Relawan kerap berteriak dan bertepuk tangan ketika Capres 03 Ganjar menyampaikan tanggapan masuk akal atas pertanyaan dari kedua capres lainnya soal pertahanan negara.

"Ganjar terlihat memahami sebuah pertahanan negara melebihi seorang Menteri Pertahanan," kata Direktur Relawan Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud, Ruslan Tarigan yang hadir sebagai pembicara Nobar Capres Progresif.

Sementara itu, lanjut dia, Capres 01 Anies Baswedan terlihat hanya menyampaikan sebuah konsep pertahanan yang sulit untuk diterapkan di sebuah negara dengan ribuan pulau.

"Memang latar belakang Pak Anies kelihatan, dia hanya seorang konseptor," kata Ruslan.

Selanjutnya, menurut dia, Capres 02 yang seharusnya lebih memahami pertahanan negara, justru terlihat kurang menguasai materi.

"Pak Prabowo ini kan Menteri Pertahanan, seharusnya dia lebih menguasai materi Pertahanan Negara," katanya.

Pembicara lainnya dari Akademisi Universitas Riau (UNRI), Saiman Pakpahan mengungkap, politik luar negeri Indonesia dalam konteks pertahanan dan keamanan memang seharusnya dimulai dari 'rumah sendiri'.

"Dan Pak Ganjar kerap menyasar persoalan itu dari kalangan masyarakat kecil yang kemudian jika mampu dikonsolidasi, maka itu akan menjadi kekuatan besar ketika Indonesia harus berhadap-hadapan dengan negara lain," kata Saiman.

Menurut Saiman, Capres Ganjar selalu menekankan pentingnya sebuah pertahanan negara dibangun dahulu dari dalam, termasuk bagaimana menuntaskan persoalan-persoalan korupsi yang memang sampai hari ini masih terjadi luar biasa.

Selanjutnya, kata Relawan ProgresifYahya, Progresif masih akan terus melaksanakan kegiatan-kegiatan yang memang telah teragendakan, seperti Nobar, Aksi Pasar dan juga Tebus Murah, Bazar UMKM, serta dialog dengan masyarakat.

"Minggu depan kita akan melaksanakan kegiatan besar, selain operasi pasar dan tebus murah, juga akan ada dialog petani di Siak dengan mengundang sekitar seribu orang petani," katanya.

Yahya mengakhiri pembicaraannya dengan mengajak para relawan menggaungkan yel-yel progresif.