PLN Riau-Kepri siagakan petugas amankan listrik di lokasi bencana

id PLN

PLN Riau-Kepri siagakan petugas amankan listrik di lokasi bencana

Seorang petugas PLN yang siaga memeriksa gardu distribusi di daerah tertentu yang terendam banjir guna memitigasi risiko bahaya listrik. ANTARA/HO-Humas PLN.

Pekanbaru (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau (UIDRKR) menyiagakan 23 personel untuk mengamankan pasokan listrik di lokasi banjir akibat curah hujan tinggi melanda Riau dalam beberapa minggu terakhir.

"Curah hujan tinggi mengakibatkan 12 desa/kelurahan di Kabupaten Rokan Hulu dan 2 desa di Kabupaten Pelalawan tergenang banjir karena itu PLN bergerak cepat dan menyiagakan 23 personel untuk mengamankan pasokan listrik di lokasi banjir guna mengantisipasi agar tidak menimbulkan korban jiwa akibat sengatan listrik," kata General Manager PT PLN (Persero) UIDRKR, Agung Murdifi dalam keterangannya di Pekanbaru, Riau, Minggu.

Menurut Agung, masyarakat harus tetap berhati-hati dalam mengoperasikan jaringan listrik di rumah terutama ketika banjir maka masyarakat perlu segera memutuskan listrik di dalam rumah dengan cara mematikan MCB pada kWh meter.

Selanjutnya kata Agung lagi, cabut peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak dan naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi.

"Segera hubungi PLN melalui aplikasi PLN Mobile atau contact center 123 untuk meminta dipadamkan aliran listrik sementara waktu. Petugas PLN juga akan berpatroli di wilayah yang tergenang banjir untuk melakukan pengamanan suplai listrik," ujar Agung.

Agung menginformasikan guna memitigasi resiko bahaya listrik apabila gardu distribusi di daerah tertentu yang terendam banjir, maka petugas PLN akan memadamkan sementara pasokan listrik agar tidak membahayakan masyarakat.

Upaya penormalan yang dilakukan PLN tetap memperhatikan kondisi daerah dan keselamatan masyarakat dan petugas dengan memastikan semua dalam kondisi aman dari ancaman bahaya listrik.

Seluruh personel diwajibkan bekerja dengan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap dan peralatan pendukung yang aman.

"Pasokan listrik akan segera pulih apabila daerah yang tergenang banjir telah kering dan benar-benar aman untuk dioperasikan. Kepada seluruh pelanggan yang terdampak padam akibat banjir, PLN memohon maaf dan berterima kasih karena banyak pelanggan percaya bahwa PLN sedang bekerja dan berupaya semaksimal mungkin," kata Agung.

Sejumlah daerah di Riau yangterdampak banjir yakni Desa Koto Ruang, Desa Pelanduk, Desa 2C, Dusun Rantau Upih, Desa Babusallam (Simpang Supra, Nagori, Kampung Padang), Desa Pematang Berangan (Jalan Sadar), Kelurahan Pasir Pangaraian (Tanjung Harapan dan Luba Hilir).

Kemudian, Desa Sungai Kumango (Silayang layang), Desa Tali Kumain, Kelurahan Tambusai Tengah (Lingkungan Godong), Kelurahan Tambusai Tengah (Bukit Tempurung dan Kampung Taulan).

Berikut di kelurahan Rambah (Kumu Lama) yang berada di wilayah Kabupaten Rokan Hulu serta Desa Muaro Sako dan Jalan poros Danau Tajwid Langgam yang berada di wilayah Kabupaten Pelalawan.

"PLN juga mengimbau seluruh pelanggan untuk dapat memanfaatkan aplikasi PLN Mobile dan menghubungi Call Center 123 untuk informasi terkini terkait PLN," demikian Agung.