Miliki peran strategis dalam kemaslahatan umat, BRK Syariah rangkul BKMT

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,BRK Syariah

Miliki peran strategis dalam kemaslahatan umat, BRK Syariah rangkul BKMT

Penandatnagan MoU antara BRK Syariah dan BKMT. (ANTARA/HO-BRK Syariah)

Pekanbaru (ANTARA) - Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Provinsi Riau yang dipimpin oleh Septina Primawati memiliki program-program kerja yang strategis untuk kemaslahatan umat. Melihat itu, PT Bank Riau Kepri Syariah (Perseroda) melakukan MoU dan Perjanjian Kerjasama dengan BKMT Provinsi Riau di Pekanbaru, Kamis.

Penandatanganan MoU terkait layanan jasa perbankan yang dilakukan oleh Direktur Dana dan Jasa MA Suharto serta Ketua BKMT Provinsi Riau Septina Primawati ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Dimana, pengurus maupun anggota BKMT di wilayah Riau akan dapat menikmati program dan layanan perbankan.

"Dari kerjasama ini nanti, pengurus BKMT akan mendapatkan kartu keanggotaan yang disponsori oleh BRK Syariah dalam bentuk e-money. Selanjutnya pengurus BKMT juga dapat memanfaatkan produk berbagai macam produk BRK Syariah. Di BRK Syariah juga ada pembiayaan KPR, UMKM dan masih banyak lagi produk layanan lainnya. Silahkan datangi kantor BRK Syariah terdekat untuk mendapatkan informasi tersebut," kata MA Suharto.

Dalam kegiatan yang sama BKMT Provinsi Riau melakukan penandatanganan kerjasama juga dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Riau, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Wilayah Riau dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau.

Ketua BKMT Provinsi Riau, Septina Primawati dalam sambutannya menyampaikan sinergi yang dilakukan BKMT Provinsi Riau dengan BRK Syariah, MUI, Baznas serta DP3AP2KB ini sangat banyak manfaatnya untuk kedua belah pihak, khususnya untuk organisasi yang mayoritas kaum perempuan ini.

"Bahkan dalam program kerja BKMT itu pengurus membuat ada pelatihan jurnalistik agar pengurus maupun anggota BKMT kita dapat membuat laporan kegiatan dengan baik dan terpublikasikan ke masyarakat. Sayangnya kegiatan seperti ini tidak dapat dilakukan saat ini karena keterbatasan biaya. Dimana BKMT hanya mendapatkan anggaran dari Pemerintah sekali dalam 2 tahun, jika sudah ada kerjasama dengan lembaga-lembaga ini, seperti BRK Syariah, insyaAllah program seperti ini dapat direalisasikan," kata Septina.

Selanjutnya, kata Septina, pada bidang pendidikan dan kesehatan serta kegiatan kemasyarakatan. Pada masing-masing bidang ini juga dipimpin oleh pengurus yang memang ahli di bidang. Sehingga perannya dalam organisasi dapat berjalan dengan baik.

"Kita di BKMT juga memiliki yayasan untuk lembaga pendidikan, seperti madrasah dan SMK. Saat ini di wilayah Tapung, Kampar ada 4 hektar lahan hibah dari masyarakat untuk pembangunan gedung sekolah. Tetapi karena keterbatasan biaya tadi, bangunannya sekolahnya juga masih dilakukan bertahap sembari mempersiapkan SDM nya," kata Septina.

Ia berharap dengan bersinergi dalam pelaksanaan program kerja BKMT ini tidak hanya untuk menuntut ilmu agama dalam meningkatkan keimanan kepada Allah SWT, namun juga untuk membangun kebersamaan dan mempererat silaturahmi.

"BKMT memiliki potensi yang sangat besar di masyarakat, program kerjanya juga untuk kemaslahatan umat. Sehingga dengan kerjasama yang kita lakukan hari ini dapat membantu dan mendukung rencana, kegiatan serta program BKMT di wilayah masing-masing berjalan sukses sesuai rencana," kata mantan Ketua DPRD Provinsi Riau ini.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Kabag Bina Mental Spritual Biro Kesra Provinsi Riau Sofyan Muhajir, Pemimpin Divisi Dana dan Digital Banking BRK Syariah Imran, General Manager BRK Syariah Cabang Utama Rina Mutia Zuhra serta tamu undangan lainnya.