Polisi di Siak Kecil susuri jalan berlumpur sosialisasikan pemilu damai

id Polsek Siak kecil,kecamatan Siak kecil,desa Tanjung Damai,kabupaten Bengkalis,sosialisasi pemilu

Polisi di Siak Kecil susuri jalan berlumpur  sosialisasikan pemilu damai

Kapolsek Siak Kecila IPDA Eko Wahyu bersama anggota dan Linmas mendorong Gerandong yangvterpuruk ketika melaksanakan kegiatan sosialisasi pemilu dama di Desa Tanjung Damai Kecamatan Siak Kecil. (ANTARA/dok)

Bengkalis (ANTARA) - Siang itu cuaca terlihat mendung, namun tidak menyurutkan rencana Kapolsek Siak Kecil IPDA Eko Wahyu Nusytiyawan Besari bersama anggotanya untuk melakukan sosialisasi pemilu damai kepada masyarakat yang ada di pelosok Desa yang ada di Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis, Senin (18/12).

Sosialisasi pemilu damai tersebut dilakukan di Desa Tanjung Damai berjarak sekitar 10 Km dari Ibu kota Kecamatan dengan jarak tempuh diperkirakan satu setengah jam, untuk sampai ke desa tersebut harus melewati dua desa dengan kondisi jalan tanah gambut dan berlumpur ketika dilewati pada saat musim hujan.

Untuk dapat menjangkau akses di wilayah pelosok yang ada di dusun desa tersebut harus menggunakan transportasi alat angkut buah sawit yang dimodifikasi menjadi roda 3 dengan menggunakan roda mobil atau disebut Gerandong, yang biasa digunakan masyarakat setempat untuk mengangkut hasil perkebunan sawit.

"Kami berjibaku melewati lumpur gambut di areal perkebunan sawit menggunakan Gerandong dalam melakukan sosialisasi bersama Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Linmas Desa Tanjung Damai," kata Kapolsek.

Melewati jalan yang berlumpur karena diterpa hujan, Gerandong yang dipakai sesekali terpuruk dan terpaksa didorong agar sampai di tempat tujuan.

"Sosialisasi yang kami lakukan untuk menyampaikan pesan Kamtibmas kepada calon pemilih tambahan yang hak pilihnya baru di pindahkan dari Kabupaten di luar Bengkalis, sekaligus coolingsystem agar pemilu 2024 berlangsung damai," kata Kapolsek.

Selain sosialisasi pemilu Damai, Kapolsek juga ingin memastikan terhadap Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) agar tersampaikan hak pilihnya di masing-masing Desa dan TPS se Kecamatan Siak Kecil.

"Menurut data yang ada saat ini DPT-b yang terbanyak adalah di Desa Muara Dua yaitu sebanyak 49 pemilih baru dan yang kedua terbanyak di Desa Sungai Linau yaitu sebanyak 25 pemilih baru," jelas Kapolsek.