Pemkab Karo gelar agenda tambahan untuk memeriahkan Aquabike 2023 di Danau Toba

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Danau Toba

Pemkab Karo gelar agenda tambahan untuk memeriahkan Aquabike 2023 di Danau Toba

Aquabike Jetski World Championship. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Karo, Sumatera Utara, menggelar agenda tambahan untuk memeriahkan Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba pada 22-26 November.

"Kami membuat agenda tambahan untuk memeriahkan Aquabike Jetski World Championship 2023," ujar Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Karo Indra Tarigan di Medan, Sumut, Selasa.

Ia melanjutkan agenda tambahan yaitu kegiatan Karo Music Camp pada 21-22 November 2023, yang merupakan kombinasi musik talenta daerah maupun bertaraf nasional.

"Di antara agenda itu yakni festival band, penampilan artis lokal dan nasional serta menyediakan produk UMKM yang seluruhnya bisa dilihat sambil camping," ucapnya.

Kemudian, kata Indra, dilanjutkan acara inti yaitu Aquabike yang berlangsung di Pantai Sinalsal, Desa Tongging, Kabupaten Karo, Sumut pada 22 November 2023.

"Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan paralayang pada 23-25 November 2023 yang diikuti peserta lokal maupun nasional," tuturnya.

Di samping itu, sebagai salah satu tuan rumah, Pemkab Karo juga mempersiapkan akomodasi. Di antaranya, kata Indra, hotel, wisma, vila, mess maupun tempat camping yang berada di Desa Tongging Kecamatan Merek Kabupaten Karo.

"Penginapan di sana dapat menampung mencapai 500 orang, tapi kami tetap memberikan alternatif menginap di kawasan Kabanjahe maupun Brastagi," ucapnya.

Sebab, di dua tempat itu, menurut Indra, tidak jauh dari lokasi pagelaran Aquabike nantinya. Karena jaraknya hanya satu jam waktu tempuh.

"Kami optimistis wisatawan yang datang pada kejuaraan Aquabike ini bisa mencapai 2.000 orang," ucapnya.

Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba yang digelar di empat kabupaten yakni Samosir, Karo, Dairi dan Toba pada 22-26 November diikuti 118 pembalap dari 22 negara.

"Dari 118 pembalap tersebut, 10 di antaranya merupakan pembalap Indonesia. Lomba akan terbagi dalam dua kategori yakni endurance dan circuit," kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono saat Media Gathering Aquabike Jetski World Championship 2023 melalui zoom.

"Ini adalah momen yang sangat bersejarah karena ini adalah pertama kali Indonesia menggelar kejuaraan berkelas dunia ini dan kejuaraan ini juga digelar di empat kabupaten di kawasan Danau Toba," katanya.

Baca juga: Sejumlah pelabuhan di kawasan wisata Danau Toba selesai direvitalisasi

Baca juga: Menikmati dari dekat keindahan objek wisata Danau Toba di Kabupaten Dairi