BRGM RI-Pemprov Riau luncurkan kurikulum pembelajaran gambut dan mangrove

id BRGM,Kurikulum gambut

BRGM RI-Pemprov Riau luncurkan kurikulum pembelajaran gambut dan mangrove

Gubernur Riau Syamsuar dan BRGM RI saat peluncuran kurikulum muatan lokal gambut dan mangrove dalam pembelajaran SMA se-derajat di Gedung Daerah Balai Serindit, Rabu (1/11/2023).(ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan BRGM RI meluncurkan kurikulum muatan lokal gambut dan mangrove dalam kurikulum pembelajaran SMA sederajat di Gedung Daerah Balai Serindit, Pdkanbaru, Rabu.

Gubernur Riau Syamsuar menyebutkan modul untuk muatan lokal gambut dan mangrove akan diberikan kepada guru di tiap sekolah agar dapat menyampaikannya ke murid.

Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman agar para siswa memiliki rasa peduli dan tanggungjawab dalam menjaga ekosistem gambut serta mangrove.

"Saya harap hal ini mampu disosialisasikan dengan semua Dinas Pendidikan di kabupaten dan kota di Riau. Sehingga tak hanya SMA, namun SD dan SMP juga dapat memahami gambut dan mangrove sedari dini," sebutnya kepada awak media.

Di tempat yang sama, Deputi Bidang Konstruksi, Operasi dan Pemeliharaan BRGM, Tris Raditian mengatakan melalui modul yang telah disusun siswa diharapkan tak hanya sekedar memahami, namun juga mencintai lingkungan.

Terlebih lagi Provinsi Riau tahun ini dinilai baik dalam mitigasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Dengan muatan lokal yang disampaikan sedari dini ini membuat kita lebih aware sehingga kedepannya bisa lebih terkendali lagi," harapnya.

Nantinya guru yang ditunjuk untuk memberikan muatan lokal akan diberikan bimbingan teknis (Bimtek) sebelum menyampaikan ke murid-muridnya.

"Ada Bimtek. Dibimbing langsung dari BRGM," pungkas Tris.