Presiden Joko Widodo ajak negara AIS Forum bersama hadapi berbagai tantangan global

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Jokowi

Presiden Joko Widodo ajak negara AIS Forum bersama hadapi berbagai tantangan global

Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Menteri Senior Negara Hubungan Luar Negeri dan Menteri Senior Negara Pembangunan Nasional Singapura Sim Ann sebelum pembukaan KTT AIS Forum 2023 di Nusa Dua, Bali, Rabu (11/10/2023). (ANTARA FOTO/Media Center AIS Forum 2023/Akbar Nugroho Gumay/pras/aa.)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengajak negara peserta Forum Negara Pulau dan Kepulauan (AIS Forum) untuk terus bekerja sama dalam menghadapi berbagai tantangan global.

Menurut Jokowi, semua negara pulau dan kepulauan, terlepas dari besar atau kecil, maju atau pun berkembang, sama-sama menghadapi tantangan seperti kenaikan permukaan air laut, tata kelola sumber daya laut, dan pencemaran laut.

"Jika membuang sampah di daratan, belum tentu sampah tersebut berpindah ke daratan di belahan dunia lain. Tetapi jika kita membuang sampah di lautan maka sampah itu sangat bisa sampai ke daratan mana pun di dunia,” kata Jokowi dalam pembukaan KTT AIS Forum di Nusa Dua, Bali, Rabu.

Oleh karena itu, ujar dia, kolaborasi dan solidaritas antara negara pulau dan kepulauan sangat penting untuk menghasilkan langkah-langkah strategis, konkret, dan taktis dalam penyelesaian masalah bersama.

KTT AIS Forum yang pertama kali diselenggarakan sejak pembentukan forum tersebut pada 2018, merupakan momentum penting untuk menetapkan arah kolaborasi ke depan.

Dalam hal ini, Jokowi mendorong tiga hal yang perlu dimajukan yakni solidaritas, kesetaraan, inklusivitas sebagai prinsip yang harus dipegang bersama; prioritas pada kerja sama konkret yang disesuaikan dengan kebutuhan negara penerima; serta kerangka kerja sama yang tangguh dan dinamis untuk menghadapi tantangan ke depan.

Indonesia menjadi tuan rumah KTT AIS Forum yang dihadiri oleh 30 negara dari total 51 negara peserta, dan empat organisasi internasional.

Pada tingkat kepala negara atau setingkat kepala negara, Indonesia mencatat keikutsertaan Presiden Federasi Mikronesia Wesley Simina, Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao, PM Niue Dalton Tagelagi, PM Sao Tome and Principe Partice Emery Trovoada, dan PM Tuvalu Kausea Natano.

Selanjutnya, Deputi PM Fiji Manoa Seru Nakausabaria Kamikamica dan Deputi PM Tonga Samiu Kuita Vaipulu.

Sementara delegasi negara lainnya dipimpin oleh menteri, wakil menteri, pejabat tinggi, serta duta besar selama KTT AIS Forum.

Penyelenggaraan pertemuan puncak itu berfokus pada penguatan kerja sama untuk mengatasi empat isu global yakni mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim.

Baca juga: Anggota Komisi III DPR apresiasi Polri dukung pengamanan KTT AIS

Baca juga: Menko Luhut ungkap tujuan AIS Forum, pemulihan berbasis ekonomi biru