ISPU Pekanbaru Kategori Sedang Warga Pakai Masker

id ispu pekanbaru, kategori sedang, warga pakai masker

ISPU Pekanbaru Kategori Sedang Warga Pakai Masker

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Kota Pekanbaru dan sekitarnya masih berada dalam kondisi sedang dengan particulate matter (pm) 10 berada pada angka 53, namun warga tetap disarankan untuk memakai masker.

"Penggunaan masker dapat mencegah terhirupnya partikel berbahaya ke dalam saluran pernapasan, karena dampak dirasakan mengganggu kesehatan dalam waktu jangka panjang," kata Awida Roose, Kepala Seksi Pengamatan Penyakit, Wabah dan KLB, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, di Pekanbaru, Rabu.

Ia menyebutkan untuk Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Kota Pekanbaru dan sekitarnya --merujuk data 18 Maret 2014-- itu sudah berada dalam kondisi sedang antara lain ditandai dengan particulate matter (PM 10) menunjukkan 53 kategori sedang.

ISPU Kota Pekanbaru dalam kategori sedang itu diikuti sulfur dioksida (SO2) 53, carbon monoksida (CO) sekitar 6, Ozon (O3) sekitar 44 dan nitrogen dioksida (NO2) sekitar 2.

"Artinya kategori udara di Riau berada dalam kondisi sedang karena hujan deras sejak 18 Maret 2014 telah mengurangi partikel-partikel berbahaya atau Total Suspended Particulate (TSP) di udara Pekanbaru," kata Awida lagi.

Akan tetapi, katanya lagi, ISPU Kota Pekanbaru yang berada dalam kondisi sedang tersebut, cukup berdampak pada kesehatan manusia, namun akan aman dalam kondisi dengan particulate matter (PM 10) menunjukkan dibawah angka 5.

"Kondisi ISPU kategori sedang (53) itu masih berbahaya bagi kesehatan manusia dan dampaknya dirasakan dalam jangka panjang," katanya.

Berdasarkan data Bidang Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Jakarta, yang diunduh dari info.meteo[at]bmkg.go.id prakiraan cuaca Provinsi Riau, untuk 19 Maret 2014 Kota Pekanbaru dan sekitarnya dilanda hujan sedang, dengan suhu 23 - 31 ° C, kelembaban 54 - 97 %

kecepatan angin 14 (km/jam) dan arah angin Timur Laut.

Hujan sedang melanda daerah lainnya di Riau adalah Kota Dumai, Teluk Kuantan, Siak Sri Indera Pura, Pasir Pangaraian, Bangkinang dan Pangkalan Kerinc. Sementara itu Bagan Siapi-api, Bengkalis dan Rengat dilanda hujan ringan.