Udara Tidak Sehat, Pekanbaru Liburkan Kembali Pelajar

id udara, tidak sehat, pekanbaru liburkan, kembali pelajar

 Udara Tidak Sehat, Pekanbaru Liburkan Kembali Pelajar

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, kini kembali meliburkan pelajar mulai play group, TK dan SD kelas satu hingga kelas tiga setelah seminggu sebelumnya libur, menyusul kualitas udara di daerah ini berada dalam kondisi tidak sehat.

"Kebijakan ini diambil berbeda pada sebelumnya hingga SLTP dan SLTA yang diliburkan namun kini hanya untuk tingkat play group dan SD kelas tiga. Besok anak-anak akan mengikuti ujian tengah semester (UTS)," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Prof Zulfadil, di Pekanbaru, Senin.

Menurut dia, kegiatan pelaksanaan ujian tengah semester digelar pada Selasa (18/3) dengan harapan kondisi cuaca di daerah ini makin membaik sehingga kebijakan libur pelajar diyakini tidak akan berlanjut untuk selama tiga hari.

Kita berharap, katanya, cuaca makin membaik sehingga anak-anak bisa mengikuti proses belajar kembali dan UTS namun demikian pengumuman libur keputusan untuk sekolah kembali akan diputuskan sesuai kondisi terkini setelah mendapat rekomendasi dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru.

"Khusus untuk pelajar kelas empat dan siswa SLTP dan SLTA serta para guru yang berada di sekolah tetap menggunakan masker untuk menghindari partikel-partikel berbahaya yang bisa merusak kesehatan itu," katanya.

Awida Roose, Kepala Seksi Pengamatan Penyakit, Wabah dan KLB, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, menyebutkan --merujuk data 16/3-- udara Pekanbaru berada dalam kondisi "tidak sehat" dimana Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) dengan particulate matter (PM 10) menunjukan kondisi tidak sehat dengan angka kini mencapai 119, Kemudian sulfur dioksida (SO2) 54, carbon monoksida (CO) sekitar 19, Ozon (O3) sekitar 24 dan nitrogen dioksida (NO2) sekitar 2.

"Udara di Kota Pekanbaru berada dalam kondisi tidak sehat masih berdampak buruk terhadap kesehatan," katanya dan menambahkan Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru sudah membagikan masker sebanyak 75 ribu lembar atau sebanyak 1.500 boks melalui Puskesmas dan petugas kesehatan dengan mendistribusikannya di jalan-jalan.

Sesuai instruksi Wali Kota, kata dia, maka warga kota ini agar tetap memakai masker, tidak berolahraga di luar rumah, memakan menu seimbang dan banyak istirahat.