TNI AL bantu evakuasi ABK dari kapal kandas yang menabrak karang di Batam

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,evakuasi ABK

TNI AL bantu evakuasi ABK dari kapal kandas yang menabrak karang di Batam

Kapal milik TNI AL saat tiba di lokasi kapal kandas di Perairan Ngenang, Kota Batam, Jumat (8/9). (ANTARA/HO-Humas Lantamal IV Batam)

Batam (ANTARA) - TNI Angkatan Laut membantu evakuasi anak buah kapal (ABK) kapal motor (KM) Garuda Jaya 8 yang kandas akibat menabrak karang di Perairan Pulau Ngenang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Jumat (8/9).

"Kapal patroli keamanan laut (Patkamla) Lobam 1-4-07 membantu evakuasi ABK KM Garuda Jaya 8 yang kandas menabrak karang di Perairan Pulau Ngenang," ujar Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto di Batam, Kepulauan Riau, Jumat.

Dia menjelaskan kapal bermuatan ikan dan es ini awalnya bergerak dari Kijang, Kabupaten Bintan menuju Punggur, Kota Batam. Namun, karena cuaca yang kurang bagus, kapal tersebut terbawa arus hingga ke Perairan Ngenang dan tersangkut ke atas karang.

"Waktu di atas karang, posisi kapal menjadi miring dan air mulai masuk ke dalam palka kapal," katanya.

Setelah mendapat laporan dari nelayan setempat, pihaknya langsung menuju ke lokasi kejadian dan membantu evakuasi. "ABK berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat dan muatan kapal sudah dipindahkan menggunakan pompong, kemudian dibawa ke pelabuhan rakyat terdekat," kata dia.

Untuk selanjutnya, pihaknya masih berusaha melakukan penarikan terhadap kapal milik nelayan tersebut dari atas karang menggunakan kapal TNI AL, namun masih belum membuahkan hasil.

"Kami masih terus memantau dan berupaya mengevakuasi kapal tersebut dari atas karang," ujarnya.

Baca juga: Sebanyak enam kapal dikerahkan mengevakuasi kapal tanker kandas di perairan Batam

Baca juga: KPLP kerahkan dua kapal patroli untuk evakuasi tanker Djibouti yang kandas