Melihat peringatan HUT ke-78 RI di Rengat

id Rengat,Indragiri Hulu

Melihat peringatan HUT ke-78 RI di Rengat

Bupati Inhu Irup HUT RI ke 78 di Kota Rengat (ANTARA/Asri)

Rengat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka meriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT - RI) ke 78 di Inhu 2023.

Seperti kegiatan gerak jalan, pawai dan upacara bendera di setiap kecamatan, khusus detik-detik proklamasi di Kota Rengat pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Bupati Indragiri Rezita Meylani Yopi, Kamis (17/8) pagi di Lapangan Stadiun Narasinga, Kecamatan Rengat menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT ke-78 RI.

"Mari kita sukseskan HUT RI ke 78 di Inhu, sangat bangga dan memberikan apresiasi tinggi atas kerja keras panitia pelaksana," kata Bupati Rezita di Rengat.
Bupati Inhu Irup HUT RI ke 78 di Kota Rengat. (ANTARA/Asri)


Upacara peringatan detik-detik proklamasi yang diikuti seluruh Forum Koordinasi Perangkat Daerah (Forkopimda), sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN), pelajar, mahasiswa, utusan organisasi kemasyarakatan maupun BUMN, BUMD, swasta serta instansi vertikal.

Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke 78 tahun 2023, mengusung tema "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju", yang mana tema ini memaknai cerminan semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan.

"Dan, upaya pembangunan, serta bekerja sama dalam memanfaatkan kesempatan demi kemajuan Indonesia," ujar Bupati Rezita dalam amanahnya.

Pada saat upacara, pembacaan teks detik-detik proklamasi dibacakan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Indragiri Elda Suhanura.

Untuk bertindak sebagai komandan upacara IPTU Renvauli Simarmarta, pengibar sang merah putih posisi tengah Gua Vindhu SMKN 1 Rengat Barat, posisi kanan Jeconiah Sebastian Simarta dari SMA Santa Theresia dan posisi kiri Rafif Parsa Ardanta asal SMAN 1 Pasir Penyu.

Sedangkan, bertugas sebagai pembawa bendera merah putih adalah Bintang Ribka Sitompul asal SMA Santa Theresia.

Bupati Inhu Irup HUT RI ke 78 di Kota Rengat (ANTARA/ASRI)


Pada tempat lain, Sekretaris Daerah (Sekda) Inhu sebagai Inspektur Upacara HUT RI ke 78 yang dilaksanakan di Kantor Bupati Pematang Reba.

Dalam sambutannya, membacakan amanat Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi, Sekda Hendrizal menyebutkan, melalui HUT RI ke-78 ini kiranya dapat menjadi harapan baru bagi para anak bangsa untuk senantiasa mempererat rasa kebersamaan.

Bahkan, dapat menumbuhkembangkan semangat gotong royong serta menjaga semangat persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat yang beragam.

"Terutama, kepada ASN di lingkungan Pemkab Inhu hendaknya dapat semakin meningkatkan kinerja," ujar Hendrizal berharap.

ASN dapat menanamkan sikap disiplin serta menguatkan komitmen dan kekompakan dalam pelaksanaan program- program kerja.

Menanamkan dalam diri bahwa kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Indragiri Hulu merupakan tanggungjawab bersama.

Usai Pelaksanaan Upacara di Halaman Kantor Bupati Inhu, dilanjutkan dengan Upacara Detik-detik Proklamasi di Stadion Narasinga Rengat pada pukul 09.45 WIB.

Seperti diketahui bahwa sebelum upacara ada kegiatan gladi bersih. Gladi bersih itu diikuti oleh Bupati Rezita Meylani Yopi dan Wakil Bupati (Wabup) Inhu Junaidi Rachmat pada Selasa (15/8) di Stadiun Narasinga.

Gladi bersih itu juga diikuti oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Inhu, Elda Suhanura, unsur Forkopimda serta beberapa pejabat daerah setempat.

Tujuannya, agar prosesi peringatan HUT RI ke 78 berjalan lancar. Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi pada Kamis (17/8) akan memimpin langsung jalannya upacara detik-detik proklamasi. Sementara Wabup Junaidi Rachmat akan bertindak sebagai Inspektur Upacara pada upacara penurunan bendera sore harinya.

Selain itu, sebelum peringatan HUT RI ke 78, Bupati Rezita Meylani Yopi juga mengukuhkan 30 orang sebagai pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2023 pada Rabu (16/8) malam.

Pengukuhan itu digelar di Gedung Dang Purnama Rengat dan dihadiri para unsur forkopimda beserta para kepala OPD di lingkup Pemkab Inhu.

"Total ada sebanyak 30 anggota Paskibraka yang dikukuhkan, terdiri dari 16 putra dan 14 putri," sebut Rezita.

Ia mengatakan, pasukan Paskibraka itu akan menjalankan tugas pada pengibaran dan penurunan bendera upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI yang akan dilaksanakan di Stadion Narasinga.

Prosesi pengukuhan anggota Paskibraka berlangsung khidmat, sebelum dikukuhkan anggota Paskibraka terlebih dahulu mengucapkan Ikrar Putra Indonesia yang dipimpin oleh Staf Ahli Bidang Administrasi Umum, Ahmad Syukur.

Setelah pembacaan pernyataan pengukuhan oleh pembina upacara Bupati Rezita Meylani, dilanjutkan dengan pemasangan kendit dan penyerahan bendera merah putih menandai dikukuhkannya 30 anggota Paskibraka Kabupaten Inhu 2023.

"Atas nama pribadi, pemerintah dan masyarakat saya ucapkan selamat kepada semua yang telah terpilih sebagai anggota Paskibraka Inhu 2023," ujar Bupati Rezita dalam amanatnya.

Dikatakannya, 30 anggota Paskibraka ini merupakan putra putri terbaik yang telah melalui proses seleksi dan pelatihan yang ketat.

Sebelum upacara Kamis 17 Agustus 2023, Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi juga melepas ribuan pelajar peserta Pawai Carnaval HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Ruang Terbuka Hijau Kota Rengat.

Bupati Inhusaat menjadiIrup HUT RI di Rengat. (ANTARA/Asri)


Acara itu adalah bagian rentetan dari acara meriahkan HUT RI ke 78 tersebut, dimana peserta ada 73 sekolah se Kota Rengat dan bahkan pawai juga diselenggarakan serentak seluruh kecamatan di Indragiri Hulu.

Prosesi pawai dengan ragam pakaian profesi, pakaian adat maupun bernuansa perjuangan dikenakan para peserta. Bahkan tampak ada juga yang menggunakan becak hias dan membawa properti kerajinan tradisional.

Pawai karnaval itu dimulai atau start dari Ruang Terbuka Hijau. Ia pun bahkan turut larut dalam kemeriahan karnaval hari itu.

"Alhamdulillah hari ini kita melihat anak-anak kita begitu antusias dengan mengenakan macam-macam pakaian adat," ucap Rezita pada saat itu.

Kata Bupati Rezita lagi, bahwa pawai karnaval ini menjadi wujud makna akan semangat persatuan dan persaudaraan di tengah keberagaman suku yang ada di Inhu.

Dengan harapan, penyelenggaraan kegiatan ini akan turut memberi dampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. Dan, bisa dilaksanakan pada peringatan hari-hari besar lainnya.

Saat melepas, dari beberapa peserta pawai turut menghadiahi Rezita cendera mata kerajinan dan kue khas melayu bolu berendam.

Pawai karnaval di Rengat diikuti sebanyak 73 sekolah dari seluruh tingkatan. TK sebanyak 25, 34 SD, 9 SMP dan 5 SMA sederajat.

Tampak hadir juga mendampingi Bupati, Staf Ahli Evi Irma Junita serta beberapa kepala OPD dan Camat Rengat. (Adv)