Tiga gajah sumatera ikut kibarkan Bendera Merah Putih di Riau

id Gajah kibarkan bendera,gajah upacara

Tiga gajah sumatera ikut kibarkan Bendera Merah Putih di Riau

Tiga Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) turut dalam upacara pengibaran Bendera Merah Putih di peringatan HUT Ke-78 RI di halaman BBKSDA Riau, Kamis (17/8/2023). (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Tiga Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) ikut upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam peringatan HUT Ke-78 Republik Indonesia di halaman Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Kamis pagi.

Tampak ketiga gajah berjalan rapi dipandu oleh mahaout atau pawang gajah menuju tiang pengibaran bendera. Bahkan, salah seekor gajah tersebut turut mengerek tali untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih.

Kepala Bidang Teknis BBKSDA Riau Hartono menyebutkan, tujuan melibatkan satwa berbelalai ini dalam pengibaran bendera Merah Putih ini bertujuan untuk mengedukasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa gajah merupakan satwa dilindungi, serta memeriahkan ulang tahun RI ke-78.

Dikatakan Hartono, tiga gajah ini merupakan satwa yang dimanfaatkan pihaknya untuk mitigasi konflik dan pengendalian permasalahan terkait gajah di Riau.

“Tujuannya adalah sarana edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat bahwa gajah yang selama ini dianggap sebagai hama atau merupakan hewan yang dilindungi” terang Hartono.

Pengibaran Bendera Merah Putih ini dibantu oleh seekor gajah jantan bernama Bankin serta dua gajah betina bernama Indah dan Vera yang berusia 20-35 tahun. Prosesi pengibaran bendera bersama gajah merupakan yang pertama kali di Riau.

“Benar, yang pertama di Riau maka kami dalam rangka hut RI yang ke 78 ingin melibatkan satwa yang ikut berperan serta dalam pengibaran bendera,” tuturnya.

Tambah Hartono, dalam persiapannya mahout dan ketiga gajah ini hanya membutuhkan waktu setengah hari saja untuk berlatih menarik tali bendera merah putih.

Baca juga: Rizki, anak gajah di Minas mati terinfeksi virus

Baca juga: Menjaga ekosistem gajah di ladang minyak