F-PKS DPRD Riau gelar lomba baca teks proklamasi mirip Bung Karno

id Dprd Riau, HUT RI, PKS RIau, teks proklamasi

F-PKS DPRD Riau gelar lomba baca teks proklamasi mirip Bung Karno

Kegiatan Fraksi PKS DPRD Riau dalam rangka menyambut HUT RI ke 78. (ANTARA/Diana S)

Pekanbaru (ANTARA) - Fraksi PKS DPRD Riau menggelar lomba baca teks Proklamasi mirip Suara Presiden RI Soekarno dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Ruang Fraksi PKS DPRD Riau, Rabu.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua DPW PKS Riau Ahmad Tarmizi didampingi Ketua Fraksi PKS DPRD Riau Markarius Anwar dan Anggota F-PKS DPRD Riau Sofyan Siroj, Arnita Sari dan Adam Syafaat.

"Semoga acara ini sukses dan kita dapat mengirim utusan dari Provinsi Riau menuju nasional, dan menjadi juara," ujar Ketua DPW PKS Riau Ahmad Tarmizi.

Pihaknya menjaring peserta di tingkat provinsi yang akan dikirimkan ke tingkat nasional yang diperlombakan oleh fraksi PKS DPR RI.

Dia turut mengapresiasi Fraksi PKS DPRD Riau yang telah menaja acara tersebut. Dia meminta agar peserta dapat menghayati saat perlombaan.

"Ini bukan sekedar baca teks proklamasi, tapi lebih kepada penyadaran dan penghayatan. Penghayatan kita sebagai anak bangsa, karena ini merupakan ikrar pengumuman dari Bangsa Indonesia yang menandakan bahwa negara kita sudah merdeka," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi PKS DPRD Riau, Markarius Anwar mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat cinta negara dan bela negara.

"Ini kita gelar dalam rangka peringatanHUT RI yang ke 78. Ini sudah sesi ke-6. Artinya sudah enam tahun berturut-turut kita gelar. Tujuannya untuk menarik perhatian anak muda terhadap sejarah bangsa ini. Menghargai para pendidiri bangsa terutama proklamator kita, semangat ini yang coba kita pupuk terus di kalangan generasi bangsa kita," ucap pria yang akan maju sebagai calon anggota DPR RI pada 2024 mendatang itu.

Legislator dapil Siak-Pelalawan ini menilai antusias peserta sangat terlihat saat proses seleksi berlangsung. Hal ini berdasarkan banyaknya peserta yang mengirim video.

"Sebelumnya kita sudah mengadakan seleksionline, kita publikasi di sosial media. Banyak yang tertarik dan untuk Provinsi dijaring dari kabupaten/kota dan hari ini ada 6 finalis di tingkat provinsi. Jika terpilih nantinya mereka akan diperlombakan di tingkat nasional yang diselenggarakan di Bali. Akomodasi akan kita tanggung semuanya," ujarnya.

"Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, generasi muda di Provinsi Riau dan Indonesia melek terhadap sejarah perjuangan bangsa," sambungnya.

Dari hasil penilaian dewan juri yang diputuskan juara 1 diraih oleh Muhammad Nofri Zulirfan berasal dari Kabupaten Siak dengan total hadiah senilai Rp2 juta. Juara 2 diraih oleh Fajria Hidayati yang merupakan satu-satunya perempuan mengikuti lomba tersebut dengan hadiah senilai Rp1,5 juta.

Adapun juara 3 berhasil dimenangkan oleh Zakwan Haris asal Pekanbaru mendapatkan Rp1 juta rupiah. Sedangkan pemenang harapan I diraih oleh Novedi asal Kampar, harapan II diraih Hafizul Khairi asal Kota Dumai dan harapan IIIFuji Arya asal Kota Pekanbaru. Pemenang harapanmemperoleh hadiah masing-masing senilai Rp500 ribu. (Adv)