Polda Kepri bagikan 100 bendera Merah Putih untuk warga pulau terluar di Batam

id Berita hari ini, berita riau terbaru,berita riau antara, Bendera

Polda Kepri bagikan 100 bendera Merah Putih untuk warga pulau terluar di Batam

Dokumentasi polisi di Polda Kepulauan Riau membagikan bendera Merah Putih kepada masyarakat pulau terluat di Batam. (ANTARA/Yude)

Jakarta (ANTARA) - Ditpolairud Polda Kepulauan Riau membagikan 100 bendera Merah Putih kepada masyarakat pulau terluar di Batam, Kepulauan Riau dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-78 RI.

Kepala Bidang Humas Polda Kepri, Komisaris Besar Polisi Zahwani P Arsyad, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat rasa cinta Tanah Air dan semangat nasionalisme di kalangan masyarakat pulau terluar.

"Kegiatan ini juga diharapkan dapat mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, yang merupakan fondasi utama dalam pembangunan nasional," ujarnya di Batam Kepulauan Riau, Rabu (9/8).

Dalam pelaksanaannya, kata dia, pemberian bendera merah putih ini diadakan di tiga pulau berbeda, yaitu Pulau Saraya, Pulau Belakangpadang, dan Pulau Mat Belanda.

"Masing-masing pulau menerima alokasi 25, 50, dan 25 bendera Merah Putih. Total keseluruhan, sebanyak 100 bendera disalurkan kepada masyarakat pulau terluar," kata dia.

Kegiatan ini juga turut melibatkan sepuluh personel yang terlatih dalam patroli perairan dan keamanan pesisir. Hal ini juga sekaligus sebagai bentuk pendidikan kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga keamanan dan kebersihan perairan di sekitar pulau-pulau tersebut.

“Kegiatan bakti sosial ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat. Mereka merasa terhormat dan bersyukur atas perhatian dari kepolisian dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI. Warga juga menyatakan komitmennya untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta turut berperan dalam pembangunan negara,” katanya.

Ia berharap, dengan adanya pembagian bendera ini bisa terus menumbuhkan rasa semangat kemerdekaan dan kebersamaan sebagai bangsa.

"Kami berharap bendera-bendera ini tidak hanya berkibar di pulau-pulau, tetapi juga di hati setiap warga negara Indonesia. Polda Kepri juga berencana untuk terus mengadakan kegiatan positif semacam ini sebagai bagian dari upaya nyata dalam membangun rasa nasionalisme dan semangat cinta Tanah Air di tengah masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Kadispar Kepri tegaskan wisata Pulau Penyengat gratis

Baca juga: Ketua KPU Kepri: Masa kampanye Pemilu 2024 lebih singkat dibanding 2019