Ini alasan Ginting kalah saat hadapi wakil tuan rumah di Japan Open

id Berita hari ini,berita riau terbaru, berita riau antara,bulutangkis

Ini alasan Ginting kalah saat hadapi wakil tuan rumah di Japan Open

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting melihat kok saat melawan pebulu tangkis tunggal putra China Li Shi Feng dalam babak semifinal Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (17/6/2023). Ginting melaju ke final Indonesia Open usai kalahkan Li Shi Feng dalam dua gim langsung (21-17, 21-15). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nz)

Jakarta (ANTARA) - Atlet bulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mengaku kurang tampil lepas saat menghadapi wakil tuan rumah Kanta Tsuneyama di babak pertama Japan Open 2023, Rabu.

Ginting harus mengakui keunggulan Tsuneyama dua gim langsung 13-21, 18-21 pada laga yang digelar di Stadion Yoyogi tersebut.

"Penampilan saya hari ini kurang maksimal, kurang puas juga dengan hasilnya. Memang lawan bermain baik, dari gim pertama dia terus menekan saya," ungkap Ginting, dikutip dari keterangan tertulis PBSI yang diterima di Jakarta.

"Di gim kedua saat saya mengubah pola permainan dan menguasai pertandingan, di poin-poin krusial dia mengubah permainan dan berhasil,” ujarnya menambahkan.

Ginting yang merupakan unggulan kedua di turnamen ini menambahkan Tsuneyama merasa lebih termotivasi karena bermain di kandang sendiri.

Namun, jika dilihat dari pola permainan, Ginting mengakui kedua pemain sudah saling mengerti cara bermain mereka masing-masing karena sudah sering bertemu di banyak lapangan.

"Feel lawan mungkin juga berbeda karena main sebagai tuan rumah pastinya menambah motivasi. Selebihnya karena kami sudah beberapa kali bertemu jadi sudah tahu kelemahan dan kelebihan masing-masing. Hanya beberapa hal tadi di lapangan saya tidak bisa mengatasinya, sementara lawan sukses mengatasinya,” jelas Ginting.

"Pastinya saya mau dapat hasil maksimal di setiap turnamen tapi namanya pertandingan pasti ada menang atau kalah. Ini menjadi pelajaran dan evaluasi buat saya,” imbuhnya.

Pada hari kedua Japan Open 2023, Indonesia menurunkan sembilan wakil. Selain Ginting, akan ada wakil Indonesia di nomor tunggal putra lainnya yaitu Jonatan Christie.

Lebih lanjut, ada ganda putra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Fajar/Rian telah memetik kemenangan atas wakil China He Ji Ting/Zhou Hao Dong melalui rubber game 20-22, 21-17, 21-10. Sedangkan Pram/Yere gagal melaju ke babak 16 besar usai kalah dari unggulan China Liang Wei Keng/Wang Chang 21-16, 7-21, 16-21 dan Leo/Daniel takluk dari wakil India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty 16-21, 21-11, 13-21.

Di ganda campuran terdapat nama Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang akan berlaga hari ini. Untuk ganda putri akan tampil Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Chaya Pratiwi.

Baca juga: Fajar/Rian berharap bisa tampil lebih baik dari laga sebelumnya

Baca juga: Timnas bulu tangkis Indonesia masih berjuang di Taipei Open dengan dua wakil