Pemerintah Provinsi Riau dorong pengembangan peternakan sapi di Rokan Hilir

id Pemrov Riau

Pemerintah Provinsi Riau dorong pengembangan peternakan  sapi di Rokan Hilir

Pemrov Riau menyerahkan satu ekor sapi jantan, enam ekor sapi betina juga kambing untuk warga Kecamatan Tanjung Medan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Antara/HO-Humas Pemrov Riau.

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau terus berupaya mendorong pengembangan sentra produksi sapi melalui usaha peternakan sapi di sejumlah daerah untuk mendukung ketersediaan daging sapi dan memenuhi kebutuhan protein hewani bagi masyarakat setempat.

"Karena itu hari ini, Pemrov Riau menyerahkan satu ekor sapi jantan, enam ekor sapi betina juga kambing untuk warga Kecamatan Tanjung Medan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang akan dibagi dalam usaha kelompok peternak," kata Gubernur Riau Syamsuar di Rohil, Jumat.

Ia mengatakan, warga Tanjung Medan yang mendapatkan bantuan tersebut dibagi dalam tiga kelompok yakni Kelompok Maju Jaya sebanyak satu ekor sapi jantan dan enam ekor sapi betina.

Selain itu, katanya menyebutkan kelompok Laksamana Rokan juga mendapat satu ekor sapi jantan dan enam ekor betina. Kemudian, kelompok Garda Mandiri sebanyak 20 ekor kambing.

"Mudah-mudahan bantuan hewan ternak ini bisa bermanfaat meningkatkan pendapatan masyarakat sekaligus mendorong upaya pengembangan sentra peternakan sapi dan produksi daging di Riau disamping mata pencaharian utama masyarakat adalah nelayan," katanya.

Pada kesempatan itu Gubernur Riau juga menyerahkan sembako untuk warga kurang mampu dan peralatan sekolah untuk pelajar di Tanjung Medan.

Rokan Hilir adalah sebuah wilayah kabupaten yang terletak di Provinsi Riau, Indonesia. Ibu kotanya adalah Bagansiapiapi, kota bersejarah, dan pernah dikenal sebagai penghasil ikan terbesar di Indonesia.

Kabupaten ini sebelumnya termasuk ke dalam Kabupaten Bengkalis. Pusat pemerintahan kabupaten berada di tengah-tengah kota Bagansiapiapi, tepatnya di Jalan Merdeka No 58. Kabupaten ini mempunyai luas sebesar 8.881,59 km persegi dan penduduk sejumlah 637.161 jiwa (2021). Penduduk aslinya adalah suku Melayu Rokan Hilir. Rokan Hilir terbagi dalam 18 kecamatan, 25 kelurahan, dan 173 desa.