Pesawat Airbus rakitan China diserahkan kepada maskapai Eropa

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Airbus

Pesawat Airbus rakitan China diserahkan kepada maskapai Eropa

Foto yang diambil pada 27 Juni 2023 ini menunjukkan pesawat A321neo dikirimkan kepada Wizz Air Hungaria di Tianjin, China utara. (Xinhua)

Jakarta (ANTARA) - Airbus untuk pertama kalinya mengirimkan sebuah pesawat yang dirakit di Kota Tianjin, China utara, kepada pelanggannya di Eropa.

Wizz Air dari Hungaria, maskapai tarif rendah terbesar di Eropa Tengah dan Timur, menerima pesawat A321neo pertamanya yang dirakit di lini perakitan akhir Airbus (FAL Asia), dalam sebuah acara di Tianjin pada Selasa (27/6).

Penyerahan tersebut menjadi tonggak bersejarah bagi Airbus Tianjin, kata Christoph Schrempp, General Manager Pusat Pengiriman Airbus Tianjin.

Di tengah ekonomi China yang pulih kuat, FAL Asia terus meningkatkan kapasitas perakitannya sehingga membantu memenuhi permintaan yang semakin banyak dari pelanggan internasional dan menyuntikkan insentif baru untuk pasar penerbangan global, kata Schrempp.

Guna memenuhi permintaan pada model populer A321 yang terus naik, Airbus mengumumkan rencananya dalam memperluas kemampuan produksi A321 di FAL di Tianjin pada 2021.

A321neo, pesawat terbesar dari keluarga A320, dapa mengangkut maksimum 244 penumpang.

Diresmikan pada 2008, FAL di Tianjin adalah lini perakitan pesawat komersial Airbus pertama di luar Eropa.

Sejak pengiriman A320 pertamanya pada 2009, FAL Airbus di Tianjin sudah mengirimkan lebih dari 600 pesawat selama 14 tahun beroperasi.

Pada April, Airbus mengumumkan pembangunan lini perakitan kedua di Tianjin untuk memperluas kapasitas produksi pesawat penumpang keluarga A320 guna memenuhi permintaan klien global.

Baca juga: Pesawat Airbus "super-jumbo" itu akhirnya mendarat di Indonesia

Baca juga: Pelita Air Service datangkan pesawat Airbus A320 untuk perluas layanan