Terjangan puting beliung menyebabkan setidaknya 88 rumah rusak di Pulau Kasu

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara

Terjangan puting beliung menyebabkan setidaknya 88 rumah rusak di Pulau Kasu

Sejumlah rumah warga rusak kena terjangan puting beliung di Pulau Kasu, Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (24/6/2023). (ANTARA/HO-Camat Belakang Padang.)

Jakarta (ANTARA) - Terjangan puting beliung menyebabkan setidaknya 88 rumah warga rusak di Pulau Kasu, Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, pada Sabtu sekitar pukul 02.00 WIB.

"Sebanyak 88 rumah rusak, 45 di antaranya rusak parah dan tidak bisa ditinggali kembali. Warga memilih mengungsi ke rumah saudara agar lebih aman," kata Camat Belakang Padang Yudi Admadjianto saat dihubungi dari Kota Batam pada Sabtu.

Menurut Yudi, rumah warga yang rusak parah karena kena terjangan puting beliung sebagian besar berada di tepi laut.

"Yang rusak berat ini rata-rata ada di sekitar tepi laut, ada yang tersapu rata. Tim masih masih mendata lagi agar lebih akurat, apakah masih ada rumah warga yang terdampak," kata dia.

Selain menimbulkan kerusakan rumah, Yudi mengatakan, terjangan puting beliung mengakibatkan pepohonan tumbang serta menyebabkan enam orang terluka.

"Ada enam orang yang terluka, dua orang di antaranya tertimpa pohon, sebagian luka ringan. Tadi bidan sudah ada yang memberikan pertolongan pertama sebelum tim dokter datang," katanya.

Yudi menyampaikan bahwa tim dari Dinas Sosial Kota Batam akan datang ke daerah yang terdampak puting beliung dan mendirikan tenda darurat.

"Bantuan terus berjalan meskipun agak lambat, karena kejadian ini kan di pulau. Tapi, sebisa mungkin bantuan kita antar dengan segera. Tenda segera didirikan, (juga) dapur umum, dan lainnya," kata dia.

Baca juga: Empat rumah warga di Meranti dihantam angin puting beliung

Baca juga: 38 rumah warga rusak diterjang angin puting beliung di Kabupaten Takalar