Bupati Inhu terima langsung penghargaan "Merdeka Belajar 2023"

id Rengat,Indragiri Hulu

Bupati Inhu terima langsung penghargaan "Merdeka Belajar 2023"

Bupati Rezita Terima Anugrah Merdeka Belajar 2023 (ANTARA/dok)

Rengat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu meraih anugerah "Merdeka Belajar 2023" dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbudristek - RI) pada malam puncak rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Prosesi acara penyerahan penghargaan berjalan lancar dan secara langsung Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi menerima anugerah tersebut di Gedung Seni Trimurti, Komplek Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta, Senin (29/5).

"Penghargaan dengan kategori Pemda Transformatif Tingkat Kabupaten/Kota Non 3T dengan Subkategori Transformasi Digital," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Inhu Kamaruzaman di Rengat, Selasa.

Ia mengatakan, merdeka belajar adalah program kebijakan dari Kemendikbudristek RI yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Kabinet Indonesia Maju, Nadiem Anwar Makarim.

Kabupaten Indragiri Hulu memperoleh anugerah tersebut karena dinilai memenuhi kriteria tim penilai dan tenaga pendidikan tertinggi memanfaatkan program itu di Indonesia.

Anugrah itu juga tidak terlepas dari peran yang sangat luar biasa atas kepemimpinan Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi untuk pendidikan di daerah.

Pemanfaatan digitalisasi berupa Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dengan memanfaatkan aplikasi yang disebut "Platfom Merdeka Belajar" digunakan tenaga pendidik di Kab Inhu yang berisikan materi - materi pembelajaran.

"Alhamdulillah, Tenaga Pendidik (TP) Inhu tertinggi di Indonesia dalam pemanfaatan Platfom tersebut," ujarnya.

Program ini tidak hanya guru saja yang memanfaatkannya tetapi siswa - siswi juga bisa mengakses dan belajar di sana, dengan syarat telah memiliki ID akses masuk.

Selama ini juga, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu telah melakukan upaya - upaya untuk mendorong pemanfaatan program merdeka belajar sebaik-baiknya.

Tentunya, melalui seruan resmi, baik itu dari tingkat pengawas, Kepala Sekolah (Kepsek) maupun Koordinator Wilayah (Korwil).

Dengan adanya anugerah ini, semua pihak termotivasi dan diharapkan kedepannya sekolah - sekolah maupun tenaga pendidik lebih aktif. Khususnya, dalam pemanfaatan aplikasi dan terhadap pemanfaatan raport pendidikan.