Bupati Inhu minta seluruh Sekdes kelola keuangan lebih profesional

id Rengat,Indragiri Hulu

Bupati Inhu minta seluruh Sekdes kelola keuangan lebih profesional

Bupati Rezita Sampaikan Pesan Kepada Sekdes se Inhu (ANTARA/ASRI)

"Pengetahuan pengelolaan dana desa penting bagi Sekdes, agar lebih profesional dan tidak bermasalah"
Rengat (ANTARA) - Bupati Indragiri HuluRezita Meylani Yopi mengatakan semua Sekretaris Desa (Sekdes)memiliki tanggung jawab besar terhadap pengelolaan dana desa di wilayah masing-masing.

Oleh karena itu, pembekalan pengelolaan dana desa menjadi salah satu bentuk pendidikan agar program pembangunan lebih baik, berjalan lancar dan transparan dan profesional.

"Acara yang ditaja oleh Dinas Pemerintahan Desa di Aula Bappeda 2023 adalah upaya peningkatan SDM Sekdes se Inhu," ujarnya di Rengat, Rabu.

Tujuannya, agar keuangan desa terkelola dengan baik tanpa bermasalah dan sesuai dengan peruntukannya.

Pengelolaan yang baik akan memperkuat sinergitas dalam proses penyelenggaraan dan pembangunan desa.

"Salah satunya adalah meningkatkan kapasitas para perangkatnya terutama sekretaris desa," ujarnya.

Maka dari itu, PemkabInhu memandang penting kegiatan sosialisasi terkait fungsi dan tanggung jawab sekretaris desa, terutama dalam hal pengelolaan keuangan desa dalam mendukung program kesejahteraan masyarakat yang telah dibuat oleh pemerintah.

Selain itu, sosialisasi juga sebagai bentuk pembinaan pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas dan kapasitas sekretaris desa.

"Karena, Sekdes sebagai koordinator Pejabat Penatausahaan Keuangan Desa (PPKD) dalam melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan pembangunan desa," sebutnya.

Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban pembangunan desa.

Bupati Rezita juga menyampaikan, bahwa saat ini Pemkab Inhu menggalakkan program unggulan "Ibu Rezita Menyapa Desa" yang disingkat IRAMA Desa.

Program ini salah satu upaya pemerintah daerah dalam rangka memastikan langsung pelayanan - pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat desa sudah dilaksanakan dengan baik.

Selanjutnya, Rezita mengajak perangkat desa mendukung program unggulan IRAMA Desa.

"Saya akan datang hadir di 178 desa untuk memastikan kegiatan pelayanan desa berjalan baik," janjinya

Terutama bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, usaha ekonomi masyarakat dan pelayanan publik dalam melayani masyarakat terselenggara dengan baik diseluruh desa yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu.