Syamsuar sambut kepulangan 36 mahasiswa Riau dari Sudan

id Pemrov Riau,mahasiswa,Sudan,Bandara Riau,konflik sudan,gubernur Riau

Syamsuar sambut kepulangan 36 mahasiswa Riau dari Sudan

Gubernur Riau Syamsuar menyambut kedatangan sebanyak 36 mahasiswa dan masyarakat Indonesia asal Provinsi Riau yang belajar di Sudan di Pekanbaru, Sabtu (29/4/2023). (ANTARA/HO-Pemprov Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau Syamsuar menyambut kedatangan 36 mahasiswa dan warga Indonesia asal Provinsi Riau yang menuntut ilmu di Sudan, di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Sabtu (29/4) 2023.

“Alhamdulillah, 36 mahasiswa Riau yang belajar di Sudan hari Sabtu (29/4) ini sudah pulang ke Riau, 5 tinggal di Jakarta, 1 dirawat dan 4 istirahat di rumah keluarga, kemudian kembali ke Riau,” kata Gubernur Riau Syamsuar.


Mahasiswa asal Riau di Sudan harus dievakuasi akibat krisis konflik bersenjata di Republik Sudan.

Gubernur menyampaikan bahwa pemerintah telah menyiapkan pesawat Garuda untuk pemulangan WNI yang belajar di Sudan dan kepulangannya akan dilakukan secara bertahap.

"Hari ini Alhamdulillah anak-anak kita semua sudah kembali ke sini (Riau) dan orang tuanya menunggu. Semoga perang di Sudan segera berakhir, karena saat ini semua warga negara dari berbagai negara juga harus kembali ke negaranya masing-masing," katanya. .

Menurut gubernur Pemprov Riau saat ini hanya menunggu kepulangan mereka secara bertahap.

Mahasiswa asal Riau yang kuliah di International University of Africa, Eldindahrani mengaku bersyukur bisa kembali dengan selamat ke Tanah Air, meski kondisinya memrihatinkan.

“Alhamdulillah kami sudah bisa melewati baku tembak atau tembak-menembak, sehingga tidak aman bagi kami, baik mahasiswa maupun warga negara Indonesia (WNI) di Sudan dan asli Sudan,” katanya.

Mereka mengakui bahwa setiap hari memperbarui data hingga suatu saat situasi menjadi tidak tertahankan atau membahayakan nyawa, demikianEldindahrani .

Baca juga: Muhammadiyah kerahkan tim bantu proses evakuasi dan pemulangan WNI dari Sudan