Terima sertifikat AIFO, Ketua KONI Bengkalis diminta kembangkan ilmu kepada pelatih

id KONI Bengkalis,pemkab Bengkalis,aifo,sertifikat aifo,kabupaten Bengkalis

Terima sertifikat AIFO, Ketua KONI Bengkalis diminta kembangkan ilmu kepada pelatih

Ketua KONI Bengkalis Darma Firdaus bersama dokter dan meseur mengikuti workshop dan sertifikasi yang diadakan oleh lembaga sertifikasi profesi kesehatan olahraga (LSP KESOR) yang dilaksanakan di JIH Jogja Internasinal Hospital. (ANTARA/dok)

Bengkalis (ANTARA) - Dewan Pendiri Persatuan Ahli Ilmu Faal Olahraga Indonesia (Paifori) Prof. Dr. Beltasar Tariganmengharapkan Ketua KONI Bengkalis Darma Firdaus agar sertifikat Ahli Ilmu Faal Olahraga (AIFO) yang didapatkan berguna untuk melakukan pembinaan kepada pelatih di Kabupaten Bengkalis dengan membuat program yang terjadwal sehingga KONI lebih mudah melakukan pengecekan serta terjadwal.

"Dengan diraihnya sertifikat AIFO ini, saya harapkan kepada Darma Firdaus agar dapat melakukan pembinaan kepada pelatih agar dapat mengukir prestasi di Kabupaten Bengkalis," ujar Beltasar Tariganmelalui pesannya, Selasa.

Dikatakannya, mengacu kepada pembinaan olahraga yang ada saat ini, seorang pelatih tidak bisa melakukan pola latihan seorang diri namun harus dilakukan bersama komponen olahraga agar bersatu padu di dalam pembinaan.

"Jadi pelatih yang hebat itu harus ada ahli gizinya, psikolognya, dokter sport medisinnya mereka ini yang harus bekerjasama menyusun periodedengan benar dan semuanya harus dilibatkan dengan benar," ungkapnya.

Ia juga mencontohkan terhadap prestasi Jawa Barat yang meraih juara umum pada PON tidak terlepas dari pembinaan olahraga yang dilakukan secara ilmiah dalam mengukir prestasi, pelatihan dengan benar dengan program latihan yang benar dengan tujuan akhir yang benar.

"Jadi setifikat ini tidak hanya untuk Ketua KONI saja akan tetapi kita harapkan juga kepada pelatih-pelatih yang ada di Bengkalis harus diberikan pemahaman dan memiliki standar yang sama dengan mendapatkan sertifikat resmi yang diakui negara," harapnya.

AIFO ini dikeluarkan Ikatan Ahli Ilmu Faal Olahraga Indonesia dan disertifikasi oleh lembaga sertifikasuprofesi yang diakui negara terdaftar resmi dalam Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Ketua KONi Bengkalis Darma Firdaus mengungkapkan bahwa sertifikat AIFO ini didapatkan melalui workshop dan sertifikasi yang diadakan oleh lembaga sertifikasi profesi kesehatan olahraga (LSP KESOR) yang dilaksanakan di Jogja Internasinal Hospital dengan peserta sebanyak 38 orang yang terdiri dari dokter, masseur dan juga Ketua KONI yang ada dari sejumlah daerah.

"Kami harapkan AIFO ini juga dapat dimiliki oleh pelatih yang ada di Kabupaten Bengkalis, selain meningkatkan prestasi juga untuk olahraga Bengkalis yang lebih modern lagi. Juga untuk pembinaan olahraga dan mengatasi stuntingyang berpengaruh pada pencarian bibit atlet," kata Darma.