Sri Mulyani sebut Badan Layanan Umum berkontribusi dorong ekonomi RI pulih relatif singkat

id Berita hari ini,berita riau terbaru, berita riau antara,BLU

Sri Mulyani sebut Badan Layanan Umum berkontribusi dorong ekonomi RI pulih relatif singkat

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dalam acara Rapat Koordinasi BLU 2023 yang dipantau secara daring di Jakarta, Kamis (2/3/2023). (ANTARA/Agatha Olivia Victoria.)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan Badan Layanan Umum (BLU) berkontribusi mendorong ekonomi Indonesia pulih relatif singkat dari pandemi COVID-19 dan berhasil tumbuh tinggi.

Adapun pertumbuhan ekonomi Indonesia termasuk salah satu yang tertinggi di antara negara G20 dan ASEAN.

"Ini tidak mungkin terjadi kalau tidak ada kontribusi BLU yang melakukan penyesuaian luar biasa keras dalam masa pandemi," ungkap Sri Mulyani dalam acara Rapat Koordinasi (Rakor) BLU 2023 yang dipantau secara daring di Jakarta, Kamis.

BLU selama pandemi terus menyumbangkan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) yang signifikan. Pada tahun 2020 PNBP yang disumbangkan sebesar Rp69,31 triliun, tahun 2021 sebesar Rp126,02 triliun, dan tahun 2022 Rp89,5 triliun.

Selain itu, ia menyebutkan BLU juga telah memberikan pelayanan masyarakat di masa pandemi COVID-19 dimana BLU kesehatan berada di lini terdepan. Pada tahun 2022, BLU kesehatan melayani lebih dari 12,15 juta pasien rawat inap dan rawa jalan atau naik 22,91 persen dari tahun 2021.

Untuk BLU kesehatan, pemerintah mengeluarkan banyak anggaran belanja selama pandemi yang dialokasikan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan mayoritas mengalir ke BLU Rumah Sakit (RS).

Maka dari itu, Menkeu berterima kasih kepada BLU kesehatan yang sudah bekerja keras selama tiga tahun pandemi dan berharap BLU RS terus memanfaatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) secara akuntabel.

Selain BLU kesehatan, BLU pendidikan juga merupakan salah satu BLU yang bekerja keras memberikan pelayanan kepada masyarakat saat pandemi melanda. Sebanyak 185.632 mahasiswa (kelompok masyarakat kurang mampu dan wilayah 3T) mendapatkan tarif diskon dan beasiswa di tahun 2022.

"Kami juga memberikan kuota internet gratis melalui BLU karena perubahan metode pembelajaran saat itu," tuturnya.

Tak hanya itu, terdapat beberapa BLU lainnya yang juga bekerja keras selama pandemi, seperti BLU infrastruktur yang menghubungkan jaringan internet di 57 kabupaten/kota pada wilayah 3T dan memberikan insentif atas produksi 10,6 juta kilo liter biodiesel pada 2022 atau meningkat sebesar 15,5 persen dibanding tahun 2021.

BLU infrastruktur juga melakukan pengadaan lahan bagi 52 ruas jalan tol, 37 bendungan, sembilan jalur kereta api, satu pelabuhan, lima irigasi, satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Mandalika, serta satu air baku (Proyek Strategis Nasional/PSN).

Kemudian, BLU UMKM telah memberikan pembiayaan pembiayaan dengan nilai penyaluran dana Rp43,1 triliun kepada lebih dari 7,8 juta pelaku UMKM.

Baca juga: Sri Mulyani sebut realisasi anggaran 7 BLU Kemenkeu capai Rp23,76 triliun

Baca juga: Kemenkeu sebut pendapatan BLU sepanjang 2020 mampu tumbuh 40,2 persen