KPU Pelalawan selesaikan verfak dukungan calon anggota DPD

id Kpu pelalawan, dpd ri

KPU Pelalawan selesaikan verfak dukungan calon anggota DPD

Wan Kardiwandi. (ANTARA/Yusuf Nasution)

Pangkalan Kerinci (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pelalawan telah merampungkan proses verifikasi faktual (verfak) dukungan bakal calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Proses verfak berdasarkan sampel yang telah dicetak melalui aplikasi sistem informasi calon (silon) bakal calon anggota DPD," kata Ketua KPU Pelalawan Wan Kardiwandi di Pelalawan, Rabu.

Wan menyebutkan verfak dilakukan terhadap 3.732 orang sampel dukungan yang tersebar di 105 desa/kelurahan di 12 kecamatan di Kabupaten Pelalawan untuk 31 bakal calon DPD Riau.

“Verfak ini dilaksanakan panitia pemungutan suara (PPS) sedangkan proses alat kerja maupun sampelnya sudah disampaikan kepada mereka,” urainya.

Menurut Wan, meski harus menempuh medan yang sulit dan jauh serta penuh perjuangan seperti di Desa Teluk kecamatan Kuala Kampar, namun petugas tetap melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggungjawab.

"Hal itu dilakukan agar Pemilu 2024 berjalan dengan transparan, terbuka, jujur dan adil untuk Indonesia yang lebih baik,” paparnya sembari menyampaikan bahwa PPS melakukan verfak sesuai dengan peraturan KPU nomor 10 tahun 2022 tentang pencalonan anggota DPD.

Baca juga: KPU Pelalawan keliling lakukan coklit calon pemilih

Baca juga: KPU Pelalawan berupaya jangkau 24 desa terpencil